FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Derby London Ke-7 di Final Piala FA 2020, Ini Faktanya

0 14

BANDUNG,FOKUSJabar.co.id: Derby London antara Arsenal kontra Chelsea akan tersaji pada laga final Piala FA 2020 yang akan digelar di stadion Wembley, Sabtu (1/8/2020) malam ini mulai pukul 23.30 WIB. Laga kali ini menjadi Derby London ketujuh yang pernah terjadi di ajang final Piala FA.

Sebagai ibukota Inggris, London menjadi markas bagi sekitar 45 klub sepak bola di negeri Ratu Elizabeth ini. Dari jumlah tersebut, sekitar 5 klub berlaga di kasta utama liga Inggris yakni English Premier League (EPL) yakni Arsenal, Chelsea, Crystal Palace, Tottenham Hotspur, dan West Ham United.

Bertaburnya klub yang ber-home base di kota yang menjadi ibukota Inggris pada tahun 1066 menggantikan Winchester ini, membuat laga Derby London di kompetisi sepak bola Inggris terjadi. Namun di ajang final Piala FA yang merupakan kompetisi sepak bola tertua di jagat raya, baru terjadi tujuh kali Derby London termasuk di tahun ini.

BACA JUGA: Final Piala FA 2020, Pertaruhan Dua Pelatih Anyar

Berikut daftar Derby London yang pernah terjadi di Final Piala FA melansir dari tirto.id

Final Piala FA 1967: Tottenham Hotspur vs Chelsea 
Laga sesama dua tim asal kota London yang pertama ini terjadi pada final Piala FA edisi ke-86. Laga digelar di Stadion Wembley, London, 20 Mei 1967.

Spurs melaju ke babak final usai menang 2-1 atas Nottingham Forest yang merupakan runner-up Divisi Utama Liga Inggris (Premier League saat ini). Sedangkan Chelsea tampil di partai puncak setelah mengalahkan Leeds United 1-0.

Laga derby London perdana di partai final Piala FA ini berhasil dimenangkan Tottenham Hotspur dengan skor 2–1. Dua gol bagi Spurs dicetak Jimmy Robertson dan Frank Saul, sedangkan satu gol bagi Chelsea dicetak Bobby Tambling.

fokusjabar.co.id derby london final piala fa
Arsenal menjadi juara Piala FA 2017. (FOTO: WEB)

Final Piala FA 1975: West Ham vs Fulham
Meski diperkuat kapten timnas Inggris saat itu, Bobby Moore, Fulham tak bisa berbuat banyak saat menghadapi West Ham United di laga final Piala FA 1975 yang digelar 3 Mei 1975 di Stadion Wembley, London. Dua gol dari Alan Taylor di menit 60 dan 64 memastikan The Hammers (West Ham United) menyegel gelar juara Piala FA 1975.

Laga final Piala FA ke-94 ini pun menghadirkan beberapa fakta menarik. Selain keberadaan dua pemain legenda seperti Bobby Moore dan Alan Mullery di kubu Fulham, terdapat nama Frank Lampard di kubu West Ham yang berposisi sebagai bek kiri. Dia adalah ayah dari Frank Lampard yang kini menjadi pelatih Chelsea.

Final Piala FA 1980: West Ham vs Arsenal
Final Piala FA ini digelar pada 10 Mei 1980 di stadion Wembley, London. Partai puncak yang mempertemukan West Ham kontra Arsenal ini menjadi laga final Piala FA ke-99 dan derby London ketiga sepanjang sejarah gelaran Piala FA.

West Ham melaju ke babak final usai mengalahkan Everton melalui perpanjangan waktu dengan skor 1-0 melalui gol semata wayang Lampard Sr di menit 118. Sementara Arsenal menyingkirkan Liverpool untuk melaju ke babak final.

Di partai puncak, West Ham United kembali meraih gelar usai mengalahkan Arsenal dengan skor 1–0 melalui gol yang dicetak Trevor Brooking di menit 13. Trevor Brooking pun mendapatkan gelar kehormatan dan namanya diabadikan sebagai nama salah satu tribun di markas West Ham yakni London Stadium.

Final Piala FA 1982: Tottenham vs QPR 
Laga derby London final Piala FA ke-101 ini mempertemukan Tottenham Hotspur dan Queens Park Rangers yang digelar pada 22 dan 27 Mei 1982 di Stadion Wembley, London. Laga final kali ini bisa disebut menjadi laga final terpanjang yakni selama 3 jam 30 menit.

Laga final digelar tanpa menggunakan sistem adu penalti sehingga laga pun digelar sebanyak dua kali. Pada final pertama, 22 Mei 1980, laga berakhir dengan skor imbang 1-1. Spurs unggul lebih dahulu melalui Glenn Hoddle di menit 110 dan dibalas Terry Fenwick lima menit berselang.

Pada laga ulangan, 27 Mei 1980, laga berjalan ketat. Hoddle pun akhirnya menjadi pahlawan kemenangan Spurs berkat gol tunggalnya melalui titik putih di menit 60.

Pada laga final Piala FA setahun sebelum, Spurs pun menjadi juara melalui laga replay versus Manchester City. Dan fakta menarik lain dari laga final ini adalah mogoknya pemain Spurs asal Argentina, Ricky Villa untuk tidak bermain karena saat itu tengah terjadi Perang Falklands antara Argentina dan Inggris.

Final Piala FA 2002: Arsenal vs Chelsea
Ini adalah derby London pertama antara Arsenal kontra Chelsea di Piala FA. Laga digelar di stadion Millenium, Cardiff, 4 Mei 2002 dan menjadi laga final Piala FA ke-121.

Arsenal yang saat itu disebut dream team karena memiliki skuat pemain lengkap dari mulai posisi belakang sampai depan. Seperti David Seaman, Tony Adams, Patrick Vieira, Freddie Ljungberg, Dennis Bergkamp, hingga Thierry Henry.

Sementara Chelsea diperkuat Frank Lampard, John Terry, dan Marcel Desailly tak mau menyerah begitu saja. Meski menguasai jalannya pertandingan, gol perdana Arsenal baru tercipta di menit 70 melalui Ray Parlour setelah bekerjasama dengan Sylvain Wiltord. Arsenal menambah keunggulan di menit 80 melalui gol yang dicetak Freddie Ljungberg.

fokusjabar.co.id derby london final piala FA
Chelsea menjuarai Piala FA 2018 usai mengalahkan Manchester United di laga final. (FOTO: WEB)

Final Piala FA 2017: Arsenal vs Chelsea 
Laga final Piala FA 2017 menjadi laga final Piala FA ke-136. Digelar di stadion Wembely, London, 27 Mei 2017, Chelsea berbekal ‘dendam’ untuk membalas kekalahan mereka di final tahun 2002.

Namun Arsenal justru mengejutkan The Blues melalui gol cepat Alexis Sanchez di menit empat. Meski harus bermain dengan 10 orang usai Victor Moses dihadiahi kartu kuning kedua pada menit 68, namun Chelsea mampu menyamakan kedudukan melalui gol yang dicetak Diego Costa usai bekerjasama dengan Willian.

Namun The Gunners bangkit dan mampu mengunci kemenangan melalui gol Aaron Ramsey pada menit 79. Yang unik, pada laga ini para penggemar dan mantan pemain Arsenal menjuluki permainan dengan The Mertesacker Final, setelah bek asal Jerman ini bermain apik.

fokusjabar.co.id derby London di final piala FA
Alexis Sanchez menjadi pencetak gol pertama pada Final Piala FA 2017 saat Arsenal mengalahkan Chelsea dengan skor 2-1. (FOTO: WEB)

Pada laga final Piala FA 2020 sebagai derby London ketujuh, Arsenal dan Chelsea kembali bersua. Bagi Arsenal ini adalah laga final ke-21, sedangkan bagi Chelsea merupakan laga final ke-14 di ajang Piala FA.

Arsenal pun memegang rekor sebagai klub yang memegang titel juara Piala FA terbanyak yakni 13 kali. Sedangkan Chelsea baru mengoleksi gelar juara Piala FA sebanyak delapan kali.

Yang unik dari laga final Piala FA 2020 yakni ‘pertarungan’ antara kedua pelatih yakni Mikel Arteta di kubu Arsenal dan Frank Lampard di kubu Chelsea. Pasalnya, kedua pelatih yang juga sempat menjadi pemain di klub masing-masing, pernah bersua di laga final Piala FA saat masih menjadi pemain.

Arteta menjuarai Piala FA sebagai pemain Arsenal tahun 2014 dan Frank Lampard bermain di lima final untuk The Blues yang empat diantaranya menjadi juara. Dan satu-satunya kekalahan yang dialami Lampard di final Piala FA sebagai pemain terjadi saat bertemu Arsenal tahun 2002.

Ini Perjalanan Arsenal Menuju Final Piala FA 2020
6 Januari 2020; Arsenal 1 – 0 Leeds United
27 Januari 2020; Bournemouth 1 – 2 Arsenal
2 Maret 2020; Portsmouth 0 – 2 Arsenal
28 Juni 2020; Sheffield United 1 – 2 Arsenal
18 Juli 2020; Arsenal 2 – 0 Manchester City

Ini Perjalanan Chelsea Menuju Final Piala FA 2020
5 Januari 2020; Chelsea 2 – 0 Nottingham Forest
25 Januari 2020; Hull City 1 – 2 Chelsea
3 Maret 2020; Chelsea 2 – 0 Liverpool
28 Juni 2020; Leicester City 0 – 1 Chelsea
19 Juli 2020; Manchester United 1 – 3 Chelsea

(Ageng/berbagai sumber)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.