FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Asik! Di Garut ada Pamidangan Domba Sekelas Nasional

0 158

GARUT,FOKUSJabar.co.id: Bagi masyarakat Garut, Jawa Barat (Jabar), khususnya pecinta Domba patut berbangga hati. Bagaimana tidak, di wilayah Kampung PLP, Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler (Tarkal), tepatnya di bawah lembah kaki Gunung Guntur terdapat sebuah “pamidangan” seni ketangkasan dan Pesta Patok (Pesto).

domba fokusjabar.co.id
Seni tangkas Domba Garut

Pamidangan Anugrah itu sendiri berdiri 20 April 2020 lalu di atas lahan seluas 0,5 hektar.

Mengingat keberadaannya menjadi incaran pecinta Domba dari dalam dan luar Provinsi, maka Pamidangan Anugrah ditata sedemikian rupa agar go nasional.

Baca Juga: 45 Ekor Domba Garut Bawa Bendera Kontingen Asian Games

Demikian dikatakan Pemilik Pamidangan Anugrah, Agus SM. Menurutnya, kegiatan rutin Seni Ketangkasan digelar dua minggu sekali dan telah mampu mempertahankan keaslian spesies.

domba fokusjabar.co.id
Deni Rinjani

 “Selain lomba adu ketangkasan juga lomba Pesta Patok yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Kontes yang dilombakan (kriteria), raja pedaging, ratu bibit, raja pepet serta raja kasep (pejantan),” kata Agus, Sabtu (1/8/2020).

Menurut Agus, tak kurang dari 300 pamilon (peserta) menunjukan kegagahannya di atas lapangan.

“Per event tak kurang dari 300 pamilon  beradu ketangkasan di Pamidangan Anugerah,” kata Agus kepada FOKUSJabar.co.id.

Dia menambahkan, diselenggarakannya seni ketangkasan bertujuan untuk melestarikan sekaligus membangkitkan budaya hewan ternak yang satu ini. 

Secara terpisah, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Garut, Deni Rinjani mendukung Pamidangan Anugerah milik Padepokan Zaba Tarkal.

“Pamidangan Anugrah tempatnya para pamilon (peserta) menunjukan ketangkasannya,” kata Deni Rinjani yang juga Ketua II DPD HPDKI Provinsi Jabar.

Menurut AD/ART HPDKI, Pamidangan Anugrah layak dijadikan tempat semi kontes dan kontes Domba Garut.

“Dengan adanya Pamidangan   Anugrah, para peternak domba Garut, khususnya yang mencintai ketangkasan akan tambah semangat untuk menghasilkan bibit unggul agar tidak kalah dengan Kabupaten/Kota lainnya di Jabar.

(Andian/Bambang)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.