FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
digibjbmobile

FIFA Umumkan Jadwal Piala Dunia 2022, Ini Tanggalnya

0 24

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Waktu pelaksanaan gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar, resmi diumumkan FIFAWaktu pelaksanaan turnamen sepakbola empat tahunan edisi ke-22 itu akan digelar berbeda dibanding gelaran sebelumnya.

Pada gelaran sebelumnya, Piala Dunia selalu digelar saat musim panas yakni antara bulan Juni-Juli. Namun dengan iklim Qatar yang sangat panas di bulan Juni dan Juli, FIFA pun memindahkan gelaran Piala Dunia 2022 ke musim dungin di akhir tahun meski tuan rumah menjamin menyediakan stadion berfasilitas pengatur suhu udara. Piala Dunia 2022 di Qatar pun akan dimulai pada 21 November 2022 hingga 18 Desember 2022.

Dilansir dari laman resmi FIFA seperti dikutip goal.com, FIFA mengumumkan pembagian waktu kick-off pertandingan. Akan ada empat pertandingan grup sekaligus yang dilakukan dalam satu hari.

BACA JUGA: Olimpiade Tokyo Berpotensi Kembali Diperpanjang

Kick-off pertama akan dilakukan pukul 13:00 waktu setempat dan berturut-turut setelahnya pukul 16:00, 19:00, dan 22:00. Jika dikonversi ke Waktu Indonesia Barat (WIB), pertandingan paling awal akan dilaksanakan pukul 17:00 WIB dan paling akhir 02:00 dini hari WIB.

Piala Dunia 2022 fokusjabar.co.id
Jadwal pertandingan Piala Dunia 2022-Qatar. (FOTO: fifa.com)

Empat pertandingan sekaligus dalam satu hari memungkinkan babak grup berakhir dalam waktu 12 hari. Setidaknya tim peserta tidak perlu merisaukan waktu dan jarak tempuh karena jarak setiap stadion sangat dekat.

Bahkan, jarak terjauh antarstadion hanya 75 km! Itu dimungkinkan karena Qatar termasuk salah satu negara terkecil di dunia dengan luas wilayah kira-kira 11.500 km persegi atau kurang lebih seluas Provinsi Gorontalo di Indonesia.

Laga pembuka Piala Dunia 2022 sendiri akan digelar di Stadion Al Bayt pada Senin (21/10/2022) pada pukul 13:00 waktu setempat. Sedangkan laga penutup atau final akan digelar di Stadion Lusail pada 18 Desember 2020 pukul 18:00 waktu setempat.

Piala Dunia 2022 fokusjabar.co.id
(FOTO: Getty/Goal)

Untuk gelaran Piala Dunia 2022, Qatar sebagai tuan rumah sudah menyiapkan sebanyak delapan stadion megah. Kedelapan stadion tersebut berada di lima kota utama di Qatar yakni Doha, Lusail, Al Khor, Al Rayyan, dan Al Wakrah.

Di Doha, terdapat dua stadion yang menjadi venue Piala Dunia 2022 yakni stadion Ras Abu Aboud Stadium dan Al Thumama Stadium. Lalu di Al Rayyan terdapat tiga stadion yakni Education City Stadium, Al Rayyan Stadium, dan Khalifa International Stadium.

Tiga stadion lain, terdapat di toga kota. Yakni Lusail Iconic Stadium di Lusail, Al Bayt Stadium di Kota Al Khor, serta Al Janoub Stadium di kota AL Wakrah.

(ars)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.