FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
digibjbmobile

Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjar Lakukan Tracking untuk 2 Klaster

0 20

BANJAR, FOKUSJabar.co.id: Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar melakukan tracking di Pendopo Kota Banjar. Hal ini dilakukan setelah 4 orang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 usai mengikuti Swab Test pada pekan lalu.

Pada pelaksanaan tracking, tim gugus tugas melakukan pemeriksaan swab test ulang kepada 38 orang yang melakukan kontak dengan pasien terkonfirmasi Covid-19. Tracking dilakukan untuk dua kluster yakni PT. Albasi Priangan Lestari dan kluster Rest Area Banjar Atas.

“Hari ini, kami melakukan tracking dari dua klaster yaitu klaster Alba dan Banjar Atas. Dalam tracking ini, kami menargetkan 48 orang yang kembali kita lakukan swab test,” ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar, dr. Agus Budiana saat ditemui FOKUSJabar, Selasa (14/7/2020).

“Namun saat ini, yang kami periksa hanya 38 orang. Dari kluster Banjar Atas ada 11 orang, dan dari Alba 26 orang. Satu orang lagi dari yang reaktif saat pemeriksaan papid test di Al-Kautsar hari ini,” tambahnya.

BACA JUGA: Ternyata, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjar Dapat Honor

dr.Agus menyebutkan, sebelumnya tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Banjar sudah melakukan tracking di Desa Binangun dan Desa Langensari.

“Kemarin kami melakukan tracking di Desa Binangun terhadap 20 orang dan 7 orang di Langensari,” katanya.

Dari pemeriksaan swab test massif pekan lalu, sebanyak 4 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Tiga orang diantaranya merupakan warga Kota Banjar dan 1 orang dari luar Kota Banjar.

“Saat itu, pemeriksaan dilakukan terhadap 991 orang dan sudah keluar hasil sekitar 800 hasil swab test dengan 4 orang terkonfirmasi positif. Itu hasil yang diambil di kluster Alba, Tokoh Agama, Banjar Atas dan Waterpark,” tuturnya.

Sementara Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar, Budi Hendrawan menambahkan, saat ini tim gugus tugas baru melakukan tracking di 4 kluster.

“Kami melakukan tracking sudah di 4 kluster dan itu dilakukan terhadap orang yang punya kontak erat dengan 4 pasien yang terkonfirmasi Covid-19,” ujar Budi..

Berdasarkan informasi yang berhasil dikumpulkan FOKUSJabar, sebanyak 4 pasien positif Covid-19 tersebut merupakan 1 orang dari kluster PT. Albasi Priangan Lestari, 1 Orang tokoh Agama, serfta 1 orang dari kluster Banjar Atas yang ketiganya sudah dievakuasi di RSUD Kota Banjar dan merupakan warga Kota Banjar.

Sedangkan 1 orang pasien positif Covid-19 berasal dari kluster Waterpark yang merupakan orang luar Banjar dan berstatus mahasiswa dengan alamat di KTP di Kabupaten Kuningan dan domisili Kabupaten Pangandaran. 

(Budiana/ars)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.