FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Uji Coba Perdana, Tim Bola Voli Indoor Putri Jabar Tak Lihat Hasil

0 33

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Tim bola voli indoor putri Jawa Barat yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, menjalani uji coba menghadapi tim putri TNI AU di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Minggu (12/7/2020).

Uji coba tersebut menjadi yang pertama kali dijalani Wilda S Nurfadhila dkk usai kembali berlatih bersama sejak dua bulan lalu. Sebelumnya, para pemain tim bola voli PON XX Jabar harus menjalani latihan mandiri di rumah masing-masing dengan pantauan pelatih secara virtual sejak adanya wabah pandemi Covid-19.

Pada laga uji coba tersebut, tim bola voli indoor putri PON XX Jabar mendapatkan perlawanan sengit dari tim putri TNI AU yang diperkuat pemain timnas, Hanny Budiarti. Meski demikian, Wilda S Nurfadhila cs berhasil memenangkan laga dengan skor akhir 3-2.

Pelatih tim bola voli indoor putri PON XX Jabar, Risco Herlambang mengaku cukup puas dan senang dengan gelaran uji coba. Melalui laga uji tanding, dirinya bisa kembali melihat kemampuan anak asuhnya dalam sebuah pertandingan.

BACA JUGA: Jawa Barat Inisiasi Dorong Squash Dipertandingkan di Popnas dan PON 2021

“Kita tidak melihat hasil pertandingan. Tapi yang terpenting, bagaimana para pemain bisa kembali mengasah kemampuannya dalam pertandingan. Intinya, feeling game itu bisa didapatkan melalui uji coba,” ujar Risco saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (13/7/2020).

Risco menuturkan, uji coba kali ini merupakan yang pertama dilakukan para pemain. Pasalnya, dalam beberapa waktu kebelakang sejak adanya pandemi Covid-19, para pemain hanya melakukan latihan mandiri secara fisik maupun teknik.

“Uji coba ini sangat bagus, kita bisa melihat perkembangan setiap pemain usai istirahat sekitar 4 bulan dan hanya berlatih saja dalam dua bulan terakhir ini,” tambahnya.

Pada laga uji coba tersebut, Risco mengaku lebih banyak merotasi para pemain di setiap posisi. Dengan demikian, pihaknya bisa mengetahui kelebihan maupun kekureangan dari setiap pemain di masing-masing posisi.

“Kalau saya melihat tim ini sangat bagus dan senang dengan perkembangannya. Dari sisi kemampuan, pemain di setiap posisi ini seimbang antara pemain inti maupun cadangan. Selain itu, dari sisi usia pun mereka hampir sebaya,” terangnya.

Dengan demikian, Risco mengaku sudah memiliki gambaran kasar untuk formasi tim bola voli indoor putri Jabar untuk mempertahankan gelar juara PON di tahun 2021 di Papua. Untuk itu, pola latihan yang intens serta memperbanyak laga uji coba menjadi salah satu faktor yang harus dilakukan.

“Tim ini sudah bagus, tinggal latihan intens dan banyak uji tanding. Ini kesempatan yang harus benar-benar kita manfaatkan untuk mempertahankan gelar juara PON. Dari hasil uji coba kemarin, feeling game pemain belum ketemu sehingga main belum stabil. Karena itu, kita ingin lebih banyak uji coba,” tegasnya.

(ars)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.