FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
digibjbmobile

Cak Nun Ingatkan Hal Ini, Hadapi Massa Sulit Virus Corona

0 64

BANJAR, FOKUSJabar.co.id : Budayawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun mengingatkan kepada umat agar mengingat Rukun Iman yang keenam, di tengah situasi yang sulit karena pandemi Virus Corona. Hal tersebut disampaikan melalui rekaman suara yang diunggahnya dalam kanal YouTube CakNun.com.

Dalam unggahannya tersebut Cak Nun mengajak umat agar kembali ke Rukun Iman keenam yaitu Qada dan Qadar. Hal tersebut disebutkannya supaya masyarakat menjadikan pandemi Corona ini menjadi momentum umat Islam supaya bisa kembali meresapi makna dibalik rukun Iman keenam itu.

“Mengingat rukun Iman ke enam yaitu Qada dan Qadar, artinya bahwa manusia harus memiliki kesiapan mental untuk menerima ketetapan Tuhan, apapun itu bentuknya. Qada dan qadar sendiri memiliki arti percaya akan adanya takdir baik dan buruk yang diciptakan oleh Allah SWT,” kata Cak Nun.

BACA JUGA : 5 Ciri Rezeki Yang Berkah, Wajib Diketahui

Lebih lanjut dia menyebutkan bahwa setiap umat muslim harus berserah diri kepada Sang Pencipta yang telah menentukan takdir seseorang.

“Nah kalau kita kembali ke situ (rukun Iman ke-6) insyaallah Tuhan jadi sayang terhadap kita karena memiliki sikap pasrah,” kata dia.

Meski virus corona sudah menjadi ketetapan yang diberikan Sang Pencipta, Cak Nun optimis Indonesia bisa melewati cobaan tersebut. Sebab, dirinya meyakini kemajuan teknologi hingga medis yang ada mampu mengatasinya.

“Kalau melihat dari pintarnya manusia zaman sekarang, hebatnya pemerintah, kemajuan teknologi, kemajuan dokter, dan kemajua farmasi semestinya tidak terlalu sukar untuk menangani Corona ini,” kata dia.

(Budiana/As)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.