FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
digibjbmobile

4 Hal Yang Mewajibkan Pelaku UKM Berstrategi

0 25

BANJAR, FOKUSJabar.co.id : Dalam memulai bisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) perlu dipahami terlebih dahulu dari berbagai strategi untuk menghadapi pesaing usaha yang bisa menguntungkan dan merugikan pada usaha yang akan dijalani.

Tingginya Popularitas UKM di kalangan masyarakat tentu akan membuat setiap pembisnis memiliki banyak pesaing usaha, Jika tidak diatasi maka bisa-bisa usaha pun akan mengalami kerugian. Oleh karena itu simak tips untuk melakukan strategi bersaing yang tepat pada penjelasan yang ada di sini, agar usaha Anda tetap mengalami kelancaran!

Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab pentingnya strategi bersaing perlu diterapkan oleh para pengusaha, khususnya pemula yang belum benar-benar memahami analisis pasar.

• Pentingnya Strategi Bersaing pada UKM

Ini dia beberapa alasan mengapa strategi bersaing sangat penting diterapkan pada usaha kecil dan menengah saat ini. Jika Anda memiliki kemampuan yang baik dalam analisa pasar, sebenarnya akan ada banyak faktor yang bisa Anda temukan sebagai penyebab pentingnya strategi menghadapi pesaing perlu diterapkan.

Simaklah 4 alasan yang menyebabkan para pengusaha wajib mempelajari strategi bersaing secara sehat antar usaha dalam produk atau bidang yang sama.

1. Agar Usaha Bisa Bertahan Lebih Lama

Saat adanya banyak pihak yang mendirikan usaha atau bisnis di bidang tertentu yang kemudian menjadi populer dan mainstream, usaha tersebut biasanya juga memiliki sasaran pasar yang sama sehingga perlu untuk direbutkan oleh para pengusaha.

Dan para pengusaha bun belum tentu bisa menjamin kenyamanan para konsumennya, karena banyaknya pilihan yang ada.

Jika Anda tidak bisa mempertahankan jumlah konsumen secara stabil, maka bisa saja pihak pesaing yang memiliki usaha serupa lebih unggul dibandingkan Anda.

Dan pada saat itu kerugian pun mengancam bisnis yang sedang dikelola secara bertahap. Oleh karena itu, mengetahui berbagai cara untuk menjalankan strategi usaha dan bersaing sangatlah penting agar segala yang telah Anda upayakan bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.

2. Popularitas UKM Tidak Pernah Turun, Terus Meningkat

Melihat banyaknya media digital yang menjanjikan, membuat hampir semua orang saat ini memiliki minat yang tinggi untuk berbisnis, dan kegiatan bisnis tersebut tergolong sebagai UKM karena dilakukan secara pribadi atau individu.

Dan bisnis yang dikembangkan pun bukan merupakan sebuah industry yang besar, namun produk seadanya yang bisa diperjual belikan.

Bahkan tidak jarang, barang pribadi juga bisa dijadikan sebagai sasaran untuk diperjual belikan, yang dinamakan sebagai barang preloved.

BACA JUGA : RONIN Gaet UKM untuk Kembangkan Roundnet di Indonesia

3. Produk dengan Jenis yang Sama Semakin Banyak

Maraknya system transaksi jual beli yang dilakukan secara online membuat banyak orang menjadi semakin konsumtif, tidak hanya itu, individu yang juga tertarik untuk melakukan bisnis juga semakin meningkat. Banyaknya jumlah pembeli dan penjual saat ini membuat banyak sekali produk yang beredar di pasaran seringkali memiliki kemiripan.

Mengingat masyarakat Indonesia juga memiliki kebiasaan meniru untuk menjual barang dagangan yang sedang populer, namun kurang bisa menganalisis kestabilan permintaan beserta harga jualnya.

4. Agar Tidak Kehilangan Pelanggan Berharga

Melihat berbagai kemungkinan yang buruk untuk kemajuan bisnis Anda, strategi bisnis bersaing bisa mencegah Anda agar tidak kehilangan para pelanggan yang berharga.

Apalagi jika produk yang sedang Anda jual memiliki banyak kemiripan produk lain yang kualitasnya pun hampir sama.

Hal itu bisa membuat para konsumen yang sasarannya juga sama mengalami kebingunan dan berpikir panjang untuk memilih produk yang mana akan dikonsumsi.

(Budiana/As)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.