FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Ketua TP PKK Pangandaran Sukses Bujuk Penderita Penyakit Kulit Berobat

0 54

PANGANDARAN, FOKUSJabar.co.id: Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran Ida Nurlela menyambangi rumah Iin Solihin (64) warga RT 09 RW 04 Dusun Kedungwuluh, Desa Kedungwuluh, Padaherang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). Iin diketahui menderita penyakit kulit aneh, selain mengunjungi, istri Bupati Pangandaran pun memberikan uang santunan.

Selain ingin mengetahui kondisinya, Ida pun membujuk Iin agar mau diobati. Terlebih menurut informasi dari kepala desa, pihak desa sudah beberapa kali membujuk yang bersangkutan untuk berobat namun menolak dengan alasan tidak ada keluarga yang menunggu di rumah sakit. 

“Saya datang untuk mengetahui kondisinya. Alhamdulillah Pak Iin pun mau dibawa ke rumah sakit untuk berobay. Besok berangkat,” kata Ida.

Ida pun menanyakan bantuan apa saja yang sudah diterima Iin dari pemerintah. Selain itu, Ida juga meminta pihak desa untuk memprioritaskan perbaikan rumah Iin melalui program rutilahu.

“Bantuan pemerintah ada, yakni BST dari pusat Rp600 ribu,” kata dia. 

BACA JUGA: Fraksi di Pangandaran Terbentuk, PDI-P Jadi Ketua DPRD?

Sementara itu, Iin mengatakan bahwa penyakit yang dideritanya sudah dirasakan sejak masih kana-kanak. Dan saat ini dirinya tinggal sendiri di rumah berukuran 3×3 berdinding bilik bambu.

“Sudah delapan tahun saya tinggal di sini sendiri karena anak sudah meninggal semua dan istri bercerai. Kalau soal penyakit, ini sudah dari kecil,” kata Iin. 

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, dirinya bekerja jika ada tetangga yang menyuruh, bahkan lahan di mana rumahnya berdiri pun milik tetangganya. 

Kepala Desa Kedungwuluh Teti Heryani mengatakan bahwa bantuan yang diterima Iin sebelum masa Covid-19 sudah ada dari program asistensi lanjut usia. Kemudian untuk perbaikan rumah, pihak desa sudah mengalokasikan anggaran tahun ini.

“Bantuan sudah dari dulu dari asistensi lanjut usia,” kata Teti.

(Agus/LIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.