FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
digibjbmobile

Mensos Pantau Langsung Penyaluran BST Tahap 3

0 74

BANDUNG,FOKUSJabar.co.id: Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia Juliari P Batubara memantau dan menyaksikan langsung penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 3, Kota Bandung, di Kantor Pos Besar Bandung, Jalan Asia Afrika, Sabtu, (4/7/2020).

Bersama anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono dan jajaran direksi PT Pos Indonesia, Mensos melihat BTS dibagikan ke masyarakat terdampak Covid-19.

Juliari mengatakan bahwa BST itu sebagai bentuk kepedulian Presiden Joko Widodo terhadap masyarakat terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan.

BACA JUGA:Kemensos Batasi Jumlah ASN Masuk Kantor 60 Persen

“Ini sudah ketiga kalinya, semoga manfaatnya benae-benar dirasakan. Ini bantuan dari Presiden untuk seluruh warga terdampak Covid-19 melalui Kemensos dan penyaluran ke masing-masing penerimanya melalui PT POS,” kata Juliari.

Selain dari pemerintah pusat dan Kemensos, kata dia, Pemprov pun menurunkan program bansos, ada yang tunai ada juga yang sembako.

Hingga saat ini bantuan ke masyarakat masih dilakukan, mulai dari pusat, provinsi maupun kabupaten/kota. Dia pun berjanji akan terus mengawasi dan turun ke lapangan untuk memantau agar penyalurannya tepat sasaran.

“Kita awasi terus untuk meyakinkan publik bahwa yang dilakukan pemerintah sudah optimal,” kata dia.

Dari total anggaran Kemensos RI, yakni Rp104 trilyun, sekitar 60 persennya sudah terserap. Di Jawa Barat untuk berbagai kegiatan dan bantuan mencapai Rp5 trilyun.

“Jadi yang sudah terserap sekitar Rp60 trilyun. Maka sesuai arahan presiden, ke depan kita percepat realisasi sisanya,” kata Juliari.

Untuk diketahui, bansos Kemensos mulai Juli hingga Desember nanti menjadi Rp300 ribu, atau berkurang dari sebelumnya Rp600 ribu. Hal itu seiring mulai kembali tumbuhnya aktivitas ekonomi di masyarakat.

(LIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.