FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Ini Cerita Wartawan Ciamis Positif Covid-19

Berita bersambung

0 680

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id : Positif Covid-19 Wartawan FOKUSJabar yang bertugas di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat M Riza Irfansyah menceritakan awal mula dirinya dinyatakan positif.

Riza dinyatakan positif terpapar Coivid-19 setelah mengikuti swab massal di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, 9 Juni 2020 lalu. Hal tersebut membuat wilayah Ciamis Kota menjadi Zona Merah dalam pemetaan Zona Covid-19 Ciamis.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis Subagja Hamara mengabarkan langsung hal tersebut kepada Riza dan meminta yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri.

Selain itu sesuai prosedur kesehatan,  tracking swab dilakukan kepada 20 jurnalis yang dikonfirmasi melakukan kontak dekat dengan pasien Positif.

“Saya diberi kabar dengan sangat hati-hati oleh Ketua PWI Ciamis. Beliau memberi kekuatan secara psikis untuk menyiapkan diri menghadapi prosedur kesehatan,” kata Riza Sabtu,  (4/7/2020)

Dengan status Positif Covid-19 CT 30 membuat Riza harus berbesar hati dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi.

positif Covid-19
Salah seorang jurnalis anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis, Selasa (2/6/2020). DOK
(FOKUSJabar/M Riza Irfansyah)

“Yang menggetarkan hati saya hanya rasa bersalah,  jika keluarga dan teman-teman jurnalis terpapar Covid-19, karena saya. Hal itu benar-benar menjadi momok menakutkan yang bisa menghancurkan psikis,” kata Riza yang juga merupakan anggota PWI.

Pasca Riza terkonfirmasi Positif Covid-19,  20 jurnalis  anggota PWI Ciamis melakukan isolasi secara terspusat sembari menunggu hasil swab.

Kemudian 10 Juni 2020 Riza melakukan medical chek up di RSUD Ciamis dengan protokol kesehatan yang ketat di ruang isolasi untuk menentukan langkah penanganan.

“Saya dijemput ambulan dengan dua orang memakai APD lengkap. Kemudian dibawa ke ruangan isolasi khusus di RSUD Ciamis untuk chek darah dan rontgen ,” kata dia.

Ketua Tim Penanganan Kasus (PIK) Covid-19 Kabupaten Ciamis dr Eni Rochaeni menerangkan hasil rontgen dan chek darah Riza bagus. Langkah selanjutnya Isolasi Mandiri di rumah atau di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jabar di Kota Cimahi.

Riza mengaku, saat itu dihadapkan dengan pilihan berat, antara isolasi di Bandung dan di Ciamis. Namun dirinya memilih berangkat ke Bandung untuk penanganan yang lebih baik dan tidak berisiko.

“Terus terang saat itu keluarga adalah satu-satunya penguat mental, jauh dari keluarga rasanya sangat berat. Jikapun hidup saya hanya tersisa dua minggu saya ingin mati dekat dengan keluarga,” kata Riza.

BACA JUGA : Wartawan Ciamis Dikabarkan Sembuh dari Positif Covid-19

Isolasi di BPSDM Jabar Kota Cimahi disuguhkan dengan fasilitas terbaik disertai tim medis yang cekatan.

“Entah sampai kapan saya harus mengisolasi diri, dengan status Positif Covid-19 CT 30, dan kecemasan menanti hasil swab keluarga dan rekan yang sedang melakukan isolasi di Ciamis,” kata Riza.

Menurut informasi sudah ratusan Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 dirawat di BPSDM Cimahi. Riza bercerita bahwa di antara pasien OTG, ada yang sudah dua bulan melakukan isolasi mandiri dan belum sembuh.  

Untuk prosedur kesembuhan, Pasien OTG Covid-19 harus melalui dua kali tes Swab yang menunjukan hasil Negatif secara beruntun.

Saat ini Riza sudah dinyatakan negatif Covid-19 setelah melakukan serangkaian proses penyembuhan. Bahkan Riza sudah kembali bertugas ke lapangan.

(As)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.