FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Batu Tapak Kaki Ditemukan Warga Ciamis

0 495

CIAMIS, FOKUSJabar.co.id : Batu tapak kaki manusia yang diduga berusia ratusan tahun ditemukan Warga Desa Nagarapageuh Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Menurut Ketua Paguyuban adat Desa Nagarapageuh Eman Sulaeman, batu tapak kaki tersebut ditemukan warga dari kedalaman tanah saat sedang menggali kubur untuk pemakaman warga yang meninggal dunia.

“Saat seorang warga sedang menggali kubur dikedalaman sebatas betis orang dewasa mata cangkul membentur benda keras,” katanya. Sabtu (4/7/2020).

Eman menuturkan, setelah mata cangkul warga tersebut membentur benda keras selanjutnya melihat benda apa yang tercangkul itu.

“Setelah dilihat benda itu berupa batu langsung diangkat dan selanjutnya warga melanjutkan menggali tanah untuk pemakaman,” ucapnya.

BACA JUGA : Ada Batu Tapak Kaki Putri dan Tulisan Sunda Kuno di Cipaku Ciamis

Eman mengatakan, setelah selesai mengebumikan jenazah warga yang menemukan batu tersebut membersihkannya karena bentuk batu berbeda dengan batu-batu yang ada di komplek pemakaman tersebut.

“Saat batu itu dibersihkan terlihat ada bekas telapak kaki,” katanya.

Eman melanjutkan, selain  terlihat bekas telapak kaki disisi lainya juga ada telapak tangan dan telapak Harimau.

“Semua bekas telapak kaki dan tangan terlihat sangat jelas,” kata dia.

Eman menjelaskan, untuk memastikan batu tapak itu dari jaman mana memerlukan penelitian dari ahlinya.

“Kami berharap kepada pihak terkait untuk meneliti batu tapak kaki itu dengan kaitan sejarah yang ada di diderah Nagarapageuh dan sekitarnya sehingga bisa mengungkap sejarahnya,” ungkapnya.

(Husen Maharaja/As)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.