FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

7 Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

0 48

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Daun kelor sangat dikenal masyarakat Indonesia. Seringkali, tanaman ini diolah menjadi berbagai macam menu makanan. Selain rasanya yang lezat, daun kelor juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari laman Healthline, daun kelor memiliki kandungan vitamin C, kalsium, kalium, protein hingga zat besi berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Maka tak heran apabila masyarakat dunia menggunakan daun kelor sebagai pengobatan tradisional. Lantas apa saja manfaatnya? Simak 7 manfaat daun kelor untuk kesehatan berikut ini.

1.Mencegah Radikal Bebas

Manfaat daun kelor yang pertama ialah dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung.

Salah satu cara alternatif yang dapat dilakukan untuk menangkal radikal bebas adalah mengonsumsi daun kelor.

Dilansir dari laman Healthline, daun kelor memiliki kandungan senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi daun kelor secara rutin dapat mencegah radikal bebas.

BACA JUGA: 7 Manfaat Makan Buah Penting Bagi Tubuh

2.Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula darah. Penyakit ini apabila tidak segera diatasi maka dapat membahayakan kesehatan tubuh. Pasalnya kelebihan gula dara dapat menimbulkan masalah kronis, seperti penyakit jantung hingga stroke.

Cara mengatasi penyakit diabetes salah satunya mengonsumsi daun kelor. Kandungan senyawa berupa isothiocyanate pada tanaman ini berfungsi efektif menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukan seseorang yang mengonsumsi setidaknya 50 gram daun kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah sebanyak 21%.

3.Mencegah Peradangan tenggorokan pada anak

Radang merupakan jenis penyakit yang ditandai cedera, seperti luka bakar atau terinfeksi bakteri dan virus pada bagian tubuh. Peradangan apabila tidak segara diatasi dapat memunculkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung hingga kanker.

Manfaat daun kelor satu ini sangat baik untuk mencegah peradangan. Pasalnya daun kelor memiliki efek anti inflamasi yang berfungsi efektif meredakan peradangan. Selain itu, mengonsumsi daun kelor secara teratur dapat menjaga kesehatan tubuh Anda.

4.Mencegah Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi penyakit yang banyak dialami seseorang. Salah satu cara alternatif mencegah obesitas adalah mengonsumsi daun kelor. Pasalnya daun kelor memiliki kandungan senyawa berupa isothiocyanate yang dapat berfungsi membantu menurunkan berat badan.

Selain itu kandungan bioaktif pada daun kelor juga berperan penting mencegah gangguan metabolisme. Mengonsumsi daun kelor secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif mencegah obesitas dan menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya lainnya.

5.Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat daun kelor yang tak kalah penting lainnya ialah meningkatkan kekebalan tubuh. Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah maka akan dengan mudah terserang penyakit.

Sebaliknya, orang yang memiliki kekebalan tubuh yang kuat akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satu cara meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah mengonsumsi daun kelor.

Kandungan nutrisi asam amino pada daun kelor berperan penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

6.Menurunkan Resiko Kanker

Kanker merupakan penyakit yang paling mematikan di dunia. Oleh karena itu sejak dini harus mulai melakukan upaya pencegahan. Salah satu cara alternatif dan efektif mencegah penyakit kanker adalah mengonsumsi daun kelor.

Daun kelor mengandung protein, vitamin C hingga zat besi yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel.

Sehingga daun kelor dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti jantung. Mengonsumsi daun kelor secara rutin dan teratur sangat efektif menurunkan risiko penyakit kanker.

7.Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini. Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi daun kelor.

Daun kelor memiliki kandungan zat besi, kalsium serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat daun kelor ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi jenis daun ini secara rutin.

(Nendy/ANT)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.