FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

29.971 Mustahik di 20 Provinsi Terima Zakat Fitrah dari Rumah Yatim

0 20

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Selama Ramadhan 1441 Hijriyah, sejumlah program ramadhan digulirkan Rumah Yatim ke sejumlah provinsi di Indonesia. Kurang lebih 118.131 mustahik di Indonesia telah menerima bantuan tersebut.

Salah satunya lewat program Zakat Fitrah yang ditunaikan donatur melalui Rumah Yatim dan telah tersalurkan kepada 29.971 mustahik yang tersebar di 20 provinsi Indonesia. Bantuan tersebut direalisasikan kepada sejumlah mustahik dari delapan asnaf penerima zakat.

Manajer Pemberdayaan Rumah Yatim, Deni Rustandi menjelaskan, penyaluran bantuan kali ini terasa berbeda dan terasa istimewa dengan ramadhan sebelumnya. Karena relawan di lapangan dihadapkan pada situasi pandemi virus corona yang sewaktu-waktu bisa saja tertular.

Namun karena tekad dan semangat yang tinggi untuk membantu sesama, rasa takut dan khawatir itu dapat teratasi.

BACA JUGA: Zakat Solusi Stabilitas Ekonomi di tengah Covid-19

Menurutnya, berbagai kegiatan yang dijalankan selama bulan Ramadan tahun ini terus mengalami penyesuaian. Karena harus memperhatikan instruksi pemerintah dan protokol kesehatan, untuk pencegahan, dan keamanan dalam penanganan Covid-19. Meski demikian, hal itu tidak menjadikan penghalang untuk berbuat kebaikan.

“Justru hal ini menjadikan pemicu kami dan tim relawan untuk bekerja lebih baik lagi dalam pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya, saat di wawancarai di Jalan Lodaya Kota Bandung Jawa Barat, Sabtu (6/6/2020).

Rumah Yatim juga terus proaktif melakukan pendataan mustahik dengan berkoordinasi kepada tokoh masyarakat, maupun pemerintahan desa setempat dalam hal pendistribusian bantuan ke mustahik.

Selain itu, untuk target kedepan Rumah Yatim dapat mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat prasejahtera secara merata ke seluruh provinsi di Indonesia. Serta dari mustahik menjadi muzakki melalui program pemberdayaan ekonomi.

Kendati demikian, ia berharap Rumah Yatim bisa terus berperan aktif serta berkontribusi bagi perubahan taraf hidup masyarakat.

“Dan tentunya kita berharap juga semoga Ujian Pandemi ini segera Berakhir sehingga kita dapat melakukan aktivitas Normal kembali seperti biasanya,” pungkasnya.

(Yusuf Mugni/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.