FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Bupati Ciamis Serahkan Restocking 400 Ribu Benih Ikan

0 18

CIAMIS, FOKUSJabar.co.id: Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyerahkan bantuan restocking 400.000 benih ikan nila dan patin kepada UPTD dan Paguyuban Perikanan Ciamis bertempat di halaman Pendopo Bupati Ciamis, Rabu (3/6/2020).

Tujuan Restocking ikan sebagai upaya penambahan stock ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum.

“Prioritas yang di restocking yaitu wilayah perairan yang dianggap telah mengalami penurunan stok karena tingkat kemanfaatan oleh masyarakat,” kata Herdiat.

BACA JUGA : Bupati Cantik ini, Siap Terapkan New Normal di Daerahnya

Herdiat menjelaskan, program ini juga sebagai realisasi misi Pemkab Ciamis terkait membangun perekonomian berbasis pemberdayaan masyarakat, ekonomi kerakyatan dan potensi unggulan lokal.

“Dengan restoking benih ikan ini semoga bisa meningkatkan populasi ikan diperairan umum yang saat ini berkurang dan pemanfaatannya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” ucap Herdiat.

Kepala Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, Syarif Nurhidayat mengungkapkan, restocking benih ikan ini sebagai upaya melestarikan keanekaragaman sumberdaya ikan dan meningkatkan populasi ikan di perairan umum.

“Restocking ikan juga bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan diperairan umum guna memenuhan gizi masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perairan umum. Melalui peningkaran yang meraya dan kesempatan kerja tambahan dari sektor perikanan,” ujarnya.

Syarif menjelaskan, benih ikan berasal dari Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Utara Subang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat yang didapat atas usulan proposal Disnakkan Kabupaten Ciamis.

“Benih ikan tersebut akan ditebar di Perairan umum seperti Sungai, Danau Waduk, Cekdam, Rawa dan genangan perairan lainnya,” jelasnya.

“Rencananya restocking ikan akan dilaksanakan pada 30 lokasi perairan umum di Kabupaten Ciamis,” tambah Syarif.

(Riza M Irfansyah/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.