FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

UTR Pro Match Series, Turnamen Tennis Profesional Pertama Ditengah Covid-19

0 3

FLORIDA, FOKUSJabar.co.id: Setelah hampir dua bulan tidak ada turnamen akibat pandemi Covid-19, Universal Tennis Rating (UTR) menghadirkan turnamen mini bertajuk ‘UTR Pro Match Series’. Turnamen ini menjadi kesempatan pertama bagi pemain pro untuk berlaga di tengah pandemi Covid-19.

Gelaran turnamen diharapkan menjadi langkah kecil dalam mengembalikan keadaan menjadi normal. UTR Pro Match Series yang dipersembahkan Tennis Channel, menampilkan para pemain ATP dan WTA di turnamen tenis profesional papan atas pertama yang disiarkan secara internasional sejak krisis kesehatan global akibat Covid-19.

BACA JUGA: Di Tengah Pendemi Covid-19, Persiapan Piala Dunia U-19 harus Matang 

Untuk kelompok putra, laga sudah digelar sejak dua pekan lalu, 8-10 Mei 2020. Empat petenis 60 besar dunia ikut serta. Yakni Reilly Opelka (Amerika Serikat/ATP #39), Hubert Hurkacz (Polandia/ATP #29), Miomir Kecmanovic (Serbia/ATP #47), dan Tommy Paul (Amerika Serikat/ATP #57).

Sementara di kelompok putri, laga dimulai Jumat (22/5/2020) hingga Minggu (24/5/2020) waktu setempat. Empat petenis profesional yang berada di jajaran 60 besar dunia ikut serta. Tiga petenis AS, Alison Riske (WTA #19), Amanda Anisimova (WTA #28), dan Danielle Collins (WTA #51), serta satu petenis Australia, Ajla Tomljanović (WTA #56).

UTR Pro Match
Dari ki-ka: Alison Riske (WTA #19), Amanda Anisimova (WTA #28), Danielle Collins (WTA #51), serta Ajla Tomljanovic (WTA #56). (FOTO/NET)

Keempatnya akan berlaga dengan sistem round robin (setengah kompetisi). Alison Riske, Danielle Collins, dan Ajla Tomljanovic berhasil meraih kemenangan di hari pertama pada turnamen mini tenis putri tanpa penonton ini, Jumat atau Sabtu (23/5/2020) WIB.

Collins mengalahkan Amanda Anisimova dengan skor 4-1, 4-2. Collins pun mengaku ‘bersyukur’ bisa kembali ke lapangan meski tanpa kehadiran penonton.

“Saya sudah terbiasa bermain tanpa penonton, tetapi saya pasti merindukannya. Salah satu hal yang membuat istimewa untuk menjadi atlet profesional adalah memiliki orang-orang yang mendukung,” ujar Collins seperti dikutip AFP.

Sementara Tomljanovic mengalahkan Riske dengan 4-3, 4-1. Dan di laga terakhir, Riske mengalahkan Anisimova 0-4, 4-0, 4-3.

“Kembali bertanding di lapangan membuat saya sangat bersemangat hari ini,” aku Tomljanovic.

Tomljanovic mengaku, libur di beberapa pekan pertama menjadi kesempatannya untuk istirahat. Namun saat merasa perlu untuk kembali berlatih, sulit untuk memotivasi diri karena ketiadaan turnamen yang dijadwalkan.

“Saya butuh kompetisi untuk membuat saya terus maju,” tegasnya.

Pada gelaran turnamen UTR Pro Match Series ini, protokol kesehatan diterapkan untuk melindungi pemain dari ancaman Covid-19. Suhu tubuh setiap pemain diukur saat tiba di venue dan membawa peralatan serta handuk sendiri ke lapangan.

Sebagai ganti berjabat tanggan ditengah atura physical distancing, saling beradu raket sudah cukup sebagai penggantinya. Selain itu, wasit pun wajib mengenakan masker. Setiap pemain pun memakai bola sendiri yang diberi tanda dan mengumpulkannya sendiri tanpa bantuan ball boys.

(ars)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.