FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Ini Harapan Robert Alberts Soal Nasib Kompetisi Liga 1

0 6
BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Pelatih tim sepak bola Persib Bandung, Robert Rene Alberts berharap kompetisi bisa bergulir kembali dalam waktu dekat. Kompetisi Liga 1 dihentikan sementara PSSI sejak pertengahan Maret 2020 ini. 
Kompetisi sepak bola di Indonesia tersebut dihentikan setelah memasuki pekan ketiga. Penghentian sementara kompetisi ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. 
Dari hasil rapat Komite Eksekutif (Exco), Selasa (12/5/2020), PSSI masih mengacu pada keputusan pertama yakni mengikuti anjuran pemerintah terkait keadaan masa darurat corona atau Covid-19 di Indonesia. Yakni, liga dalam keadaan kahar atau force majeure sesuai status tanggap darurat dari BNPB dan surat keputusan nomor 48 tahun 2020 masih berlaku hingga 29 Mei 2020.
“Seperti yang sebelumnya sudah didiskusikan antara manajemen, pelatih dan pemain, kami sudah berdialog satu sama lain. Yang pertama, kami berharap dan berpikir positif PSSI akan mengambil keputusan liga akan dimulai kembali pada Juli seperti yang tertuang dalam surat tertanggal 27 Maret,” kata Robert Alberts. 
Menurut pelatih berpaspor Belanda ini, jika kompetisi belum bisa digulirkan dalam waktu dekat, diharapkan bisa dilanjutkan kembali pada Agustus. Sehingga, penundaan kompetisi saat memasuki pekan ketiga Liga 1 2020 tersebut  bisa rampung sebelum pertengahan tahun 2021.
“Jika PSSI mengambil kesimpulan liga akan berhenti, kami berharap ada kebaikan dari PSSI agar liga tetap dilanjutkan nanti. Misalnya pada Agustus dan liga bisa berlanjut hingga tahun depan antara bulan April atau Mei,” tuturnya. 
Keinginan Robert Alberts agar kompetisi bergulir kembali bukan tanpa alasan. Dengan kompetisi digelar, maka pemain akan terus mengasah kemampuannya dan hal itu bagus untuk Timnas. 
Meski begitu, pelatih yang sempat menangani PSM Makassar ini tetap menyerahkan segala keputusan mengenai kompetisi kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait kelanjutan kompetisi. 
“Ini bukan karena sebuah liga, tapi kami melihat suatu gambar yang lebih besar. Seperti kualitas dari tim nasional, supaya pemainnya tetap kompetitif ketika bermain lagi Oktober nanti. Kami harus mempersiapkan pemain supaya mereka bisa mewakili Indonesia di AFC,” ungkapnya. 
“Jadi jika diputuskan liga berhenti, kami berharap dimulai lagi pada Agustus dan berlanjut hingga April atau Mei tahun depan. Lalu musim berikutnya nanti dimainkan pada Agustus 2021 dan berjalan seperti sistem di Eropa,” jelasnya.
(Arif/ars) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.