FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Idul Fitri 1441 H, Open House Tak Digelar Jokowi, Menteri, dan DPR

0 4

JAKARTA, FOKUSJabar.co.id: Open House yang biasa dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Jokowi maupun para menteri pada momen Idul Fitri tidak akan digelar pada tahun ini.

“Untuk mematuhi pendisiplinan sesuai peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tidak ada penyelenggaraan open house Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di Istana Presiden dan di Istana Wakil Presiden,” kata Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman, Sabtu (23/5/2020).

Biasanya, Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi yang terkadang didampingi wakil presiden rutin mengadakan open house di setiap gelaran Idul Fitri. Baik di Istana Negara Jakarta atau di Istana Kepresidenan Bogor.

BACA JUGA: Presiden Dorong Masyarakat Silaturahmi namun Dengan Virtual

“Open house Hari Raya Idul Fitri 1441 H di kantor kementerian dan lembaga, termasuk di rumah para menteri dan kepala lembaga di mana pun selama berlakunya PSBB, tidak akan diselenggarakan,” tegas Fadjroel.

Keputusan tersebut, lanjutnya, berdasarkan arahan Presiden Jokowi yang disampaikan melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Jumat (22/5/2020). Meski demikian, Presiden Jokowi tetap mendorong tradisi silaturahim saat Lebaran untuk terus dilakukan meskipun tidak secara tatap muka.

Silaturahim bisa dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan berbagai media dan teknologi.

Tidak adanya pelaksanaan open house pun dilakuka para pimpinan DPR RI. “Pimpinan DPR RI tidak mengadakan open house pada hari raya tahun ini,” kata Sekretaris Jenderal DPR RI, Indra Iskandar.

Kebijakan sesuai dengan arahan pimpinan DPR sekaligus mematuhi aturan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

“Langkah ini untuk tetap mematuhi aturan PSBB dan menjaga protokol waspada COVID-19 yang telah dikeluarkan Pemerintah,” tegasnya.

Hari Raya Idul Fitri tahun 1441 Hijriah ditetapkan pemerintah pada hari Minggu (24/5/2020), sesuai hasil sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Fachrul Razi.

(ars/ant)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.