FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Tak Tinggal Diam, BIN Bantu Percepat Penangan Covid-19

0 1

JAKARTA, FOKUSJabar.co.id: Badan Intelijen Negara (BIN) proaktif membantu pemerintah mempercepat penanganan pandemo Covid-19 dengan menggelar tes cairan tenggorokan (swab) terhadap warga di kawasan episentrum.

“Tim kita berputar di wilayah Jakarta dan juga wilayah penyangga khususnya seperti Depok, Bogor dan Banten,” kata Staf Khusus KaBIN, Mayor Jenderal TNI (Purn) Neno Hamriono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Neno menyatakan keterlibatan BIN membantu pemerintah menangani wabah COVID-19 sesuai instruksi Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan.

Neno mengatakan BIN bersama Pemerintah Kota Depok Jawa Barat dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Depok memeriksa 300 orang di Giant Tole Iskandar, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Cilodong, Jumat (22/5/2020).

Neno menuturkan BIN akan membantu pemerintah daerah untuk mendalami dan menelusuri potensi klaster baru di zona merah dengan tingkat penyebaran Covid-19 tinggi.

BACA JUGA: Momentum Harkitnas, BIN dan Bawaslu Tebar Ribuan Masker Gratis

Saat tes itu, BIN menyediakan 500 “Rapid Test Kit” dan mengerahkan dua unit mobil laboratorium untuk tes swab yang mampu mengetahui hasilnya selama lima jam.

Hasilnya menunjukkan 25 orang dari 300 warga yang menjalani pemeriksaan dinyatakan reaktif terhadap COVID-19 sehingga dilanjutkan tes swab.

“Ini kesempatan yang baik sekali bagi kita karena masyarakat yang terindikasi reaktif, tidak perlu menunggu lama. Hanya lima jam untuk proses PCR (polymerase chain reaction),” kata Neno.

(As/ANT)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.