FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

India Catat Lonjakan 6.000 Kasus Covid-19

0 15

MUMBAI, FOKUSJabar.co.id: India mencatat sekitar 6.000 kasus baru Covid-19, yang merupakan lonjakan terbesar di negara itu dalam 24 jam terakhir, Jumat (22/5/2020).

Lonjakan itu terjadi saat New Delhi melonggarkan penguncian nasional.

“Lonjakan kasus ini terjadi setelah pergerakan masyarakat sebagian besar dilonggarkan. Namun kalau kita lihat secara keseluruhan, ini adalah gambaran eksponensial yang jauh lebih rendah dibandingkan negara lain,” kata Giridhar Babu, profesor epidemiologi Yayasan Kesehatan Masyarakat India.

Negara berpenduduk 1,3 juta orang itu melaporkan lebih dari 118.000 kasus pada Jumat. Angka itu naik lima persen dari jumlah sebelumnya. Sementara itu, total kematian mencapai 3.583 jiwa.

“Kini satu-satunya pertanyaan adalah: Bagaimana kita mengurangi angka kematian? Apakah kita mampu? Jawabannya sepertinya ya,” kata Babu.

BACA JUGA: Pemimpin Iran: Israel adalah Tumor yang Harus Dimusnahkan

Zona merah penularan di India mencakup Ibu Kota New Delhi, pusat bisnis Mumbai, kampung halaman Modi, Gujarat dan Negara Bagian Tamil Nadu di selatan.

“Bangsal COVID-19 penuh selama beberapa pekan belakangan, dan kami meningkatkan kapasitas agar memungkinkan menerima pasien lebih banyak,” kata Dr. Lancelot Pinto, respirolog di Rumah Sakit P.D Hinduha.

(Agung/Ant)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.