FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

1.970 WNI ABK dari Jerman berhasil dipulangkan ke Indonesia

0 4

JAKARTA, FOKUSJabar.co.id: KBRI Berlin menyatakan sebanyak Total 1.970 warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) berhasil dipulangkan dari Jerman ke Tanah Air, Rabu (20/5/2020).

Sebanyak 242 WNI kru kapal pesiar Jerman telah tiba di Bali pada hari ini, Kamis (21/5).

Pemulangan rombongan terakhir para WNI kru kapal itu dilepas langsung oleh Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno.

“Ini adalah pemulangan kloter terakhir TUI Cruises. Alhamdulilah teman-teman semua sudah (dites) negatif Covid-19 dari dua kali tes PCR. Nanti kalau sudah kembali bekerja di Jerman, tiap tanggal 17 Agustus di Berlin ada pesta rakyat. Kalau teman-teman kangen aneka makanan Indonesia jangan lupa mampir ke KBRI Berlin. Selamat sampai tujuan, stay healthy and safe flight,” ujar Dubes Havas.

Para WNI kru kapal pesiar Jerman itu mengatakan, selama menunggu waktu kepulangan, mereka terus dipantau kondisi kesehatannya dan telah menjalani serangkaian tes.

BACA JUGA: PSBB, Angka Kelahiran di Indonesia Diprediksi Meningkat

“Selama berada di kapal kami mendapat fasilitas karantina dan juga diwajibkan tes COVID-19 setiap beberapa minggu sekali,” Ni Ketut Rai Setiabudi, kru kapal Mein Schiff 3, menceritakan.

Dubes Havas lebih lanjut menyebutkan bahwa, sesuai protokol penanganan COVID di Indonesia, para WNI ABK akan menjalani tes kembali setelah tiba di Denpasar.

“Tetapi saya yakin, karena teman-teman sudah dites sebelumnya, Insya Allah teman-teman semua aman. Sebagian alat tes yang digunakan di Indonesia juga berasal dari Jerman kok, jadi aman,” katanya.

(Agung/Ant)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.