FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Ditengah Covid-19, Pendamping PKH Gelar Rapat Daring

Program tetap berjalan di tengah wabah corona

0 57

CIAMIS, FOKUSJabar.co.id: Dampak wabah Corona Virus Disease (Covid-19) membuat Rapat Koordinasi Pendamping PKH ( Program Keluarga Harapan ) yang melibatkan ratusan peserta, digelar melalui sistem daring (dalam jaringan) dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, Selasa (7/04/2020).

Pada masa pandemi Covid-19 ini kegiatan perkumpulan dilarang pemerintah. Semua kegiatan dibatasai dan masyarakat diminta diam di rumah untum memutus rantai penyebaran virus.

Kegiatan Rakor Darling Pendamping PKH Ciamis ini pun akhirnya digelar tanpa berkumpul. Rakor dibagi dua gelombang dengan peserta 181 pendamping dan dipimpin langsung oleh Kordinator PKH Wilayah Jabar 1 H. Atoilah Karim yang berdomisili di Kabupaten Indramayu.

Baca juga: Lokasi Pemakaman PDP Covid-19 Asal Bandung Dirahasiakan

Rakor gelombang pertama untuk 15 Kecamatan terdiri dari Kecamatan Ciamis, Sadananya, Cikoneng, Kawali, Jatinagara, Panawangan, Lumbung, Sindangkasih, Lakbok, Purwadadi, Banjarsari, Banjaranyar, Sukamantri, Cipaku dan Kecamatan Baregbeg. Dimulai pukul 10.00 WIB sampai 11.00 WIB.

Rakor Gelombang kedua diikuti oleh 12 Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Cijeungjing, Cimaragas, Cidolog, Cisaga, Pamarican, Rancah, Tambaksari, Rajadesa, Sukadana, Cihaurbeuti, Panumbangan, dan Kecamatan Panjalu. Mulai pukul 12.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Koordinator PKH Ciamis Indra Maulana dan Putri Dita Silva menyebutkan walaupun dalam kondisi Work From Home (WFH) seluruh SDM pendamping PKH tetap menjalankan tugas pekerjaan dengan memanfaatkan fasilitas media sosial dan jejaring internet.

“Model rapat daring ini baru pertama dilakukan, dan peserta antusias. Walaupun masih sedikit terkendala dengan jaringan sinyal internet karena para pendamping melakukan rapat dari posisi domisili Kecamatan dan desa nya masing-masing,” kata Indra.

Dalam kesempatan rapat ini para Koordinator Kecamatan menyampaikan dan melaporkan kondisi dil apangan saat ini, baik progress penyaluran bantuan maupun menyampaikan informasi kondisi KPM PKH dalam masa penanganan wabah covid-19 di kecamatannya masing-masing.

Kepala Seksi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Ciamis Ace Hidayat dalam rapat tersebut menyampaikan terima kasih kepada seluruh SDM PKH yang walaupun dalam kondisi darurat corona.

“Saya apresiasi kalian masih mendampingi KPM PKH dalam melakukan kegiatan penyaluran bantuan baik yang dilakukan di ATM maupun di Agen-agen bank di wilayah kerjanya masing-masing,” kata Ace.

Ace berpesan agar para pendamping tidak lupa dalam bertugas memperhatikan protokol kesehatan dan aturan-aturan yang saat ini diberlakukan.

Dalam arahannya, Korwl PKH Jabar 1 Atoillah, mengatakan walaupun dalam kondisi kerja di rumah teman-teman SDM PKH tetap melaksanakan tugas pendampingan terutama saat ini masih terdapat kegiatan penyaluran bantuan PKH tahap 2 tahun 2020.

Selain itu juga Korwil mensosialisasikan arah kebijakan PKH tahun 2020 dalam situasi kondisi penanganan wabah civid-19, salah satunya seluruh SDM PKH dalam menjalankan tugasnya agar memastikan dan memperhatikan protokol kesehatan, sosial distancing, fhisical distancing selama melaksanakan tugas di lapangan maupun ketika kembali ke rumah masing-masing.

“Saya mewakili Kementerian Sosial mengucapkan terima kasih kepada seluruh SDM PKH Kabupaten Ciamis yang telah menjalankan tugas sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan,” kata Atoillah.

Dia juga berharap SDM PKH dan para KPM selamat dari wabah, tidak ada yang terpapar. “Terus jaga pola hidup bersih dan sehat, ” kata Atoillah.

(DH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.