FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Di Kota Bandung Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat

0 66

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyebutkan kasus positif covid-19 di Kota Bandung naik signifikan dari 47 kasus pada Minggu (5/4/2020) menjadi 66 kasus pada Senin (6/4/2020).

Sedangkan kasus orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 1.856 orang dan kasus orang dalam pengawasan (ODP) mencapai 211 orang.

“Kami sudah mendapatkan informasi dari Dinas kesehatan soal covid-19, ada lonjakan signifikan dibandingkan hari kemarin,” ujar Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Ema Sumarna di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana Jawa Barat Senin (6/4/2020) petang.

Baca juga: Pemkot Bandung Gelar Pelantikan 22 Pejabat Ditengah Pandemi Covid-19

Berdasarkan data pusat informasi covid 19 Kota Bandung, Senin (6/4/2020) hingga pukul 13.50 Wib, jumlah ODP mencapai 1.856 orang diantaranya 1.093 orang selesai dipantau dan 763 masih dalam proses.

Selain itu, 211 orang PDP diantaranya 138 orang masih dirawat dan 23 orang sehat.

“Positif ada lompatan (bertambah) hari ini dan meninggal 22 orang,” ucap Ema.

Ema mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi di tingkat kota dan wilayah tentang antisipasi covid 19 serta mengajak masyarakat hidup sehat, bekerja dari rumah dan tidak keluar rumah jika tidak mendesak. Selain itu pihaknya terus berupaya agar tidak terdapat kerumunan.

“Kita tidak ingin ada kerumunan, di jalan utama sudah menyesuaikan, di pinggiran (kota ini masih terjadi (kerumunan) di pasar tradisional, pemasangan masker belum maksimal, pengaturan jarak juga kadang lupa antara penjual dengan pembeli,” katanya.

Lebih lanjut Ema mengatakan, Satpol PP  juga terus melakukan imbauan secara langsung ke masyarakat dilapangan. Selain itu penyemprotan disinfektan pun terus dilakukan diantaranya oleh PDAM, Dinas Kesehatan, PMI di jalan-jalan protokol.

Jajaran TNI dan Polrestabes turut melakukan penyemprotan disinfektan. Ia mengatakan, upaya pencegahan dilakukan pula dengan pemasangan wastafel portabel di ruang publik agar masyarakat rajin mencuci tangan.

(Yusuf Mugni/As)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.