FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Covid-19, LSM Lagam: Faktor Kesehatan dan Ekonomi Sama Pentingnya

Karantina wilayah hoax

0 51

GARUT, FOKUSJabar.co.id : Jumlah pasien positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat terus bertambah. Pun Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) semakin meningkat.

Di Kabupaten Garut sendiri, menurut catatan Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19, hingga 4 April 2020, terkonfirmasi 1.423 (ODP), 21 (PDP), Orang Tanpa Gejala (OTG) 144 orang dan 2 orang positif Covid-19.

Kondisi tersebut tentu saja cukup mengkhawatirkan dan jumlahnya diprediksi bakal bertambah. Pasalnya, banyak warga Garut yang pulang kampung dari kota-kota besar yang masuk kategori zona merah Covid-19.

Kondisi kekhawatiran masyarakat semakin menjadi setelah beredar isu hoax di Media Sosial (Medsos) seperti WhatsApp (WA), Facebook dan Messenger bahwa terjadi karantina wilayah di beberapa kecamatan.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Garut Mandiri (Lagam), Yudi Setia Kurniawan menuding, situasi mencekam tersebut sengaja diciptakan oleh oknum orang yang tidak bertanggungjawab untuk menciptakan kepanikan di masyarakat.

Baca juga: Gubernur Jawa Barat Pantau Langsung Rapid Test

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah mempercayai berita-berita yang sumbernya bukan dari pihak berwenang.  

“Jangan panik dan mudah percaya dengan berita yang sumbernya bukan dari pihak berwenang atau institusi resmi pemerintah,” pesan Yudi kepada FOKUSJabar.co.id, Minggu (5/4/2020).

Kata dia, jika memang akan dilakukan karantina wilayah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut harus memikirkan perekonomian masyarakat. Artinya, faktor kesehatan dan ekonomi sama pentingnya.

“Faktor kesehatan memang itu lebih utama, namun pemerintah harus memikirkan juga faktor ekonomi yang tidak kalah pentingnya. Terapkan kebijakan yang tidak bertentangan dengan Keputusan pemerintah pusat,” tegas Yudi.

(Andian/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.