FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Covid-19, Kendaraan Masuk Rancah Disemprot Disinfektan

Selain disemprot cairan disinfektan, penumpang kendaraan pun akan diminta turun dan didata oleh tim medis dari Puskesmas Rancah.

0 201

CIAMIS, FOKUSJabar.co.id: UPTD Puskesmas Rancah mendirikan posko Covid -19 di wilayah perbatasan Kabupaten Kuningan -Kabupaten Ciamis tepatnya di Desa Dadiharja, Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis, Kamis (2/4/2020). Posko yang melibatkan berbagai instansi itu akan menyemprot kendaraan yang masuk ke wilayah Kecamatan Rancah. Dengan begitu, kendaraan yang masuk ke wilayah Rancah dalam keadaan steril dan terbebas dari Covid-19.

Ketua tim Covid-19 Puskesmas Rancah Asep Yudiana mengatakan, atas perintah kepala UPTD Puskesmas Rancah, pihaknya mendirikan posko di perbatasan Kuningan. Posko tersebut melibatkan Koramil 1310, Polsek Rancah, Kecamatan Rancah, Pemdes Dadiharja dan relawan Ormas Pemuda Pancasila PAC Rancah.

“Tugasnya nanti melakukan penyemprotan ke semua kendaraan umum yang akan masuk ke arah Kuningan maupun yang akan masuk ke wilayah Rancah,” kata Asep.

baca juga: 500 Unit Semprotan Milik Kadin Garut Siap Perangi Covid-19

Selain disemprot cairan disinfektan, penumpang kendaraan pun akan diminta turun dan didata oleh tim medis dari Puskesmas Rancah.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Rancah Yosi Garniwa mengatakan, Posko covid-19 didirikan untuk memantau seluruh pendatang yang masuk ke wilayah Rancah. Hal ini sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus Corona yang kini mewabah.

“Jangan sampai banyak pendatang dari zona merah tidak terpantau,” kata Yosi.

Pihaknya pun menurunkan lima tenaga medis setiap harinya di Posko Covid-19 perbatasan Kuningan-Ciamis. Untuk diketahui, Puskesmas Rancah mencatat sudah ada 1113 Orang Tanpa Gejala (OTG) dan 83 Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19 yang masuk hari ini.

Lebih lanjut Yosi mengimbau masyarakat selalu menjaga kesehatan, dan mematuhi aturan pemerintah pusat agar tidak terjadi penyebaran Covid-19 hingga ke daerah.

(Andri/LIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.