FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
digibjbmobile

7 Tips WFH Yang Seimbang Antara Orang Tua Dan Anak

Salah satu godaan besar work from home adalah bekerja di tempat-tempat yang sebetulnya lebih cocok digunakan untuk beristirahat

0 39

BANDUNG,FOKUSJabar.co.id: Kebijikan pemerintah agar masyarakat stay at home, work from home dan social distancing untuk mengurangi resiko penyebaran virus corona (Covid-19), mahal membuat sebagaian orang merasa terisolasi.

Bahkan bagi orang tua yang memiliki anak sekolah merasa sangat berat karena harus bekerja di rumah bersamaan dengan mengajar anak di rumah, bukan hanya itu dalam kondisi ini orang tua dituntut menjaga anak harus tetap sehat.

Ada beberapa tips seperti dilansir dari berbagai media, agar orang tua bisa seimbang menjalani work from home, terlebih pemerintah berencana memperpanjang kebijakan tersebut.

1. Menjaga komunikas antar anggota keluarga
Harus ada peraturan jelas mengenai komunikasi antar anggoat keluarga dan atasan. Karena komunikasi adalah faktor penting saat work from home. Tanpa adanya komunikasi yang baik, pekerjaan Anda bisa terhambat, bahkan tak mencapai target.

Mintalah atasan untuk menjabarkan target yang harus dicapai, selama periode work from home berlangsung. Selain itu, komunikasi bisa mencegah datangnya perasaan kesepian yang melanda karyawan di rumah. Sebuah penelitian yang mengikutsertakan 2.500 karyawan, membuktikan bahwa kesepian bisa membuat mereka tidak termotivasi dan susah produktif.

2. Buat Aktvitas tambahan untuk anak
Bagaimana bila anak masih berusia balita atau taman kanak-kanak? Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan. Misalnya, menyibukkan anak dengan mainan edukatif seperti puzzle, pattern block, busy book, activity book, memberi mereka stok coloring pages yang bisa mereka warnai sepuasnya. Manfaatkan printable coloring pages yang banyak tersedia di internet seperti di Pinterest atau sumber lain yang gratis.

Baca juga: Berkhasiat Tangkal Virus, Temulawak Diburu

3. Buat pojok kerja khusus
Salah satu godaan besar work from home adalah bekerja di tempat-tempat yang sebetulnya lebih cocok digunakan untuk beristirahat atau kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, seperti di atas kasur atau dapur. Percaya atau tidak, pemilihan tempat kerja yang salah di kala work from home akan sangat mempengaruhi mood kerja kamu. Maka itu, supaya konsentrasi kerja terbantu dan produktivitas tetap tinggi, buatlah pojok khusus untuk bekerja di rumah.

Selain itu membuat pojok kerja khusu membantu konsentrasi kerja kamu, memiliki ruang kerja khusus bisa membantu anggota keluarga ikut terbantu memahami kapan waktu kamu bekerja sehingga tidak bisa diganggu dan kapan kamu beristirahat.

4. Mengkonsumsi makanan sehat
Mengonsumsi makanan sehat selama work from home bisa membantu Anda tetap bugar dan siap untuk menghadapi tantangan pekerjaan. Mengonsumsi makanan sehat ternyata juga bisa meningkatkan suasana hati Anda selama di rumah.

Tidak hanya itu, mengonsumsi makanan sehat selama work from home juga bisa meningkatkan kemampuan dalam mengingat. Tentunya ini bisa menguntungkan Anda di tengah banyaknya pekerjaan menumpuk yang harus dikerjakan dari rumah. Makanan sehat ini pula harus diberikan kepada anak yang juda sedang melakukan belajar di rumah. Pentingkan kandungan gizi makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga.

5. Olahraga bersama
Olahraga bersama dengan anak salah satu langkah jitu agar situasi work from home tidak jenuh tapi tetap sehat, anda bisa melakukannya didalam rumah, serperti senam, yga atau stretching. Kejar-kejaran hingga gulat yang sering dilakukan ayah dengan anak laki-lakinya bisa membakar kalori juga, lho. Jika memiliki halaman rumah, lakukan badminton atau bermain bola.

Ingin jogging atau bersepeda? Pilih pagi hari saat orang belum banyak beraktivitas. Jangan lupa, sempatkan berjemur selama 5-15 menit antara jam 10 pagi hingga 4 sore. Pada jam ini, sinar matahari sangat bagus untuk meningkatkan imunitas yang dibutuhkan untuk melawan virus. 

6. Berbagi tugas dengan pasangan 

Bekerjasama lah dengan pasangan. Misal Anda yang mengurus rutinitas pagi anak, pasangan Anda bantu urus rutinitas siang dan sore anak.

Kemudian jalani aktivitas malam hari bersama-sama. Anda juga dapat mengandalkan pasangan untuk menjaga anak-anak dikala Anda memiliki video conference yang penting dan tidak bisa diganggu, Anda pun bisa melakukan sebaliknya.

7. Buat rutinitas untuk diri sendiri

Untuk orang tua bangunlah di pagi hari, hindari mengenakan piyama seharian. Bangun sebelum anak-anak, siapkan sarapan, mandi, kemudian ganti pakaian.

Pastikan rutinitas untuk anak-anak sudah siap. Juga, hindari melakukan pekerjaan rumah terlalu banyak, jangan sampai mengganggu waktu kerja Anda. (net/As)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.