FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Banprov Desa di Kabupaten Ciamis Cair Bulan Maret

Jadi yang Tercepat di Jabar

0 40

CIAMIS, FOKUSJabar.co.id: Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat DPMD Kabupaten Ciamis, Dian Kusdiana mengklaim jika Kabupaten Ciamis menjadi daerah pertama penerima bantuan provinsi (banprov) untuk desa.

Banprov sendiri biasanya cair pada bulan Juni setiap tahunnya. Namun berkat percepatan proses, banprov untuk alokasi dana desa bisa cair di bulan Maret 2020 dan menjadi yang pertama di Jawa Barat.

“Kami ingin cepat mengejar akselerasi pembangunan desa supaya kegiatan desa bisa cepat dan tidak bertumpuk di pertengahan tahun,” kata Dian, Rabu (25/3/2020).

Dian menjelaskan, proses pencairan banprov ini butuh waktu di luar jam kerja sehinga dirinya dan tim mengerjakan proposal serta kelangkapan lainnya hingga tengah malam.

“Kami dan tim setiap hari lembur menyiapkan kelengkapan persyaratan proposal sampai proses upload proposal. Pasalnya, sinyal internet di sini (kantor) kurang baik sehingga harus lama menunggu,” katanya.

Dian menuturkan, sampai sekarang ada lima Desa di Ciamis yang sudah melakuan pencairan dana Banprov. Sedangkan lima Desa lain dalam proses pencairan

Desa tersebut yakni Desa Sidamulih dan Desa Mekarmulya Kecamatan Pamarican, Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih, Desa Karangampel Kecamatan Baregbeg.

Sementara di Kecamatan Sadananya, desa penerima bantuan yakni Desa Gunungsari, Desa Sadananya, Desa Mangkubumi, Desa Tanjungsari, dan Desa Sukajadi.

“Begitu datang informasi banprov bisa diserap, kita upayakan untuk kejar progresnya. Kita ajukan di bulan Februari, dan Alhamdulillah di bulan Maret sudah bisa cair,” jelas Dian.

Dian menerangkan, nominal Banprov yang akan dialirkan ke Desa sebesar Rp130 juta. Bantuan Provinsi ini akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana. Selain itu, juga digunakan untuk kegiatan posyandu, DOP RT RW, program Sapa Warga dan TPAPD.

Target pada bulan Mei sudah 100 persen Banprov terserap oleh seluruh Desa di Ciamis. Dian berharap bantuan bisa diserap Desa dan dijalankan sebagaimana mestinya.

Saat ini, sudah ada sebanyak 45 desa di Kabupaten Ciamis yang telah disetujui untuk mendapatkan banprov. Sebanyak 15 desa sudah cair, 30 desa lainnya siap disalurkan pada bulan Maret.

Dian menambahkan, ada 100 desa yang akan diajukan untuk mendapatkan bantuan dari pemprov Jabar. Dana tersebut dialokasikan untuk desa.

“Target kita di bulan Maret, sekitar 50 persen desa di Kabupaten Ciamis diajukan ke Provinsi, mudah-mudahan di bulan Mei sudah beres semuanya,” jelasnya.

(Riza M Irfansyah/ars)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.