FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Komisi I DPRD Garut Apresiasi Gebrakan Lima Kades di Pamulihan Perangi Covid-19

Bupati Garut harus Berikan Kekuatan Mental

0 62

GARUT, FOKUSJabar.co.id: Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Garut, Deden Sopian mengapresiasi kreativitas pemikiran dan kecerdasan  lima Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Pamulihan dalam menerjemahkan arahan atau imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membolehkan Dana Desa (DD) dialokasikan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Corona Virus Disease (Covid-19).

“Saya apresiasi terhadap kecerdasan dan kreativitas pemikiran Lima Kades di Kecamatan Pamulihan dalam menangani penyebaran Covid-19,” ucap Deden yang juga anggota Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Selasa (24/3/2020).

Legislator tiga periode ini berharap, terobosan yang dilakukan lima Kades tersebut diikuti oleh seluruh Kades/Lurah se-Kabupaten Garut. Dengan begitu, akan terasa langsung oleh masyarakat yang saat ini tengah galau karena wabah penyakit yang mematikan tersebut.

Terkait langkah Pemerintah Daerah (Pemda) Garut melakukan sterilisasi dengan penyemprotan cairan kimia disinfektan di tempat-tempat pelayanan, kantor dan masjid, kata Deden, belum efektif karena tidak sampai ke pelosok pedesaan.

Dia mencontohkan, di salah satu desa yang ada di Kecamatan Caringin (Garut Selatan) terdapat dua orang yang sudah berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) Virus Corona.

“Itu diluar perkirakan kita, di pelosok pedesaan yang ada di daerah Selatan Garut ternyata sudah ada dua orang yang sudah berstatus ODP,” imbuhnya kepada FOKUSJabar.co.id.

Untuk itu, Komisi I yang membidangi pemerintahan dan desa sangat setuju dan mendorong seluruh Pemerintan Desa (Pemdes) bisa melindungi masyarakatnya secara maksimal melalui DD.

Bupati Garut sambung dia, harus memberikan kekuatan mental dan instruksikan para Kades mengalokasikan anggaran dari DD untuk pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai arahan Presiden dan perundang-undangan yang berlaku.

“Jangan pakai lama, Kita saat ini sedang berpacu dengan waktu untuk melawan Covid-19,” pungkas Deden.

Sebelumnya dikabarkan, lima Desa di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat siap mengantisipasi penyebaran Virus Corona. Kelima Desa tersebut, Pakenjeng, Garumukti, Linggarjati, Pananjung dan Desa Panawa.

Informasi yang terhimpun FOKUSJabar.co.id, masing-masing desa mengalokasikan anggaran dari DD sebesar Rp80 juta.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Desa (Kades) Pakenjeng, Rina Achlan. Menurut dia, antisipasi penyebaran Covid-19 sebagai realisasi imbauan pemertintah pusat dan Surat Edaran (SE) Bupati Garut No 443.2/841/Diskes.

Kata Rina, pihaknya menyiapkan 2.500 masker, Hand Sanitizer (1.500 botol), sabun pencuci tangan (1.500), sebanyak 1.000 paket Vitamin C, membantu penyembuhan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan suplai makanan bervitamin dan buah-buahan serta memasang spanduk peringatan di seluruh RT.

“Hari ini baru simbolis ke sebagian warga. Insya Allah hari Jumat (27/3/2020) seluruhnya dibagikan kepada warga. Antisipasi penyebaran Covid-19 dilakukan sesuai dengan imbauan pemerintah pusat dan SE Bupati,” ungkap Rina kepada FOKUSJabar.co.id, Senin (23/3/2020).

(Andian/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.