FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Plh. Gubernur Jabar Sampaikan Pesan dan Harapan di Wisuda UPI Gelombang I Tahun 2020

0 27

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum menitipkan beberapa hal kepada para lulusan UPI. Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada acara Wisuda Gelombang I UPI tahun 2020 di Gymnasium UPI, Jalan Setiabudi Kota Bandung, Rabu (26/2/2020).

Kang Uu (sapaan akrabnya) mengatakan, ilmu yang diterima para lulusan di berbagai jenjang dan program studi bisa memberikan manfaat. Baik bagi diri sendiri, keluarga, nusa, bangsa, dan agama. Pasalnya, manusia yang paling hebat adalah mereka yang memberikan manfaat bagi manusia lainnya.

“Menghadapi tahun 2045 dimana Indonesia mendapatkan anugerah bonus demografi, para lulusan UPI harus mampu menjadi inovator di bidang masing-masing. Termasuk menghadapi era industri 4.0 dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta persaingan global,” ujar Kang Uu.

Untuk itu, para lulusan UPI harus mampu menguasai dunia digital dengan berbagai loncatan teknologinya. Karena yang mampu menguasai teknologi dengan segala perkembangannya, diyakini bisa ‘menggenggam’ dunia.

“Jangan sampai para lulusan UPI hanya sebagai operator karena akan tersingkir dengan lahirnya loncatan teknologi. Yang tidak bisa digantikan komputer atau robot adalah inovator. Kita harus menguasainya karena persaingan dan seleksi kehidupan makin ketat,” terangnya.

Selain itu, para wisudawan pun harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Pandai berbicara, pidato, serta membiasakan diri menyampaikan ide dan motivasi sekaligus mempraktikannya.

“Seorang sarjana pun harus mampu bekerja sama dan berbagi tugas. Tidak ada yang sukses sebagai one-man show, harus mampu menjadi organisatoris yang baik karena kita butuh networking,” tambahnya.

Hal yang tidak kalah penting, lanjut Kang Uu, yakni memiliki iman dan takwa yang kuat. Dengan iman dan takwa yang hebat, maka manusia akan lebih kuat dan tangguh menghadapi berbagai masalah di hidupnya.

Selain itu, iman dan takwa akan membentuk pribadi-pribadi manusia dengan moral yang kuat. Iman dan takwa pun menjadi bingkai dari semua hal yang dimiliki.

Hal terakhir yang diamanatkan Kang Uu yakni rasa nasionalisme dan mampu menjaga empat pilar kebangsaan. Yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Pemprov Jabar membutuhkan Anda semua, butuh orang pintar untuk mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin. Kami butuh jasa dan karya Anda semua,” tegasnya.

(Ageng)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.