FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Hore, Harga Bawang Putih di Kota Bandung Mulai Turun

0 12

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Setelah hampir dua pekan, harga Bawang Putih di beberapa pasar tradisional Kota Bandung mengalami kenaikan hingga dua kali lipat. Namun saat ini, harga bawang putih disebut-sebut mulai mengalami penurunan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah menyatakan, penurunan harga Bawang Putih berdasarkan hasil pantauan pihaknya di beberapa pasar tradisional di Kota Bandung. Pemantauan dilakukan Disdagin Kota Bandung secara berkala setiap satu minggu sekali.

“Kami dari Disdagin Kota Bandung setiap hari Kamis selalu melakukan pemantauan harga. Pemantauan tersebut dilakukan ke delapan pasar tradisional yaitu Pasar Sederhana, Kiaracondong, Kosambi, Ancol, Pasar Baru, Palasari, Cihapit dan Ujung Berung,” ujar Elly pada acara Bandung Menjawab di Balai Kota, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/2/2020).

Berdasarkan pantauan tersebut, lanjutnya, sebetulnya harga bawang putih sudah mengalami penurunan dari minggu kemarin. Hanya saja harganya belum stabil ke angka semula.

“Sebelumnya, harga bawang putih berada di kisaran Rp56 ribu sampai dengan Rp60 ribu per kilogram. Per hari ini, sudah mengalami penurunan di kisaran harga Rp50 ribu per kilogram,” tambahnya.

Lebih lanjut Elly mengatakan, distributor bawang putih di Kota Bandung terdapat di delapan pasar diantaranya Pasar Caringin dan Ciroyom. Dengan stok bawang putih rata rata 1.5 ton sampai 10 ton.

“Dengan stok yang ada, seharusnya cukup sampai bulan Maret,” katanya.

Elly menuturkan, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan )Disperindag) Provinsi Jabar serta Satgas Pangan Polda Jabar berhasil mendapatkan informasi terkait penimbunan bawang putih hingga 150 ton oleh importir di Karawang Timur untuk pasokan ke wilayah Jabar, termasuk ke Kota Bandung. Pihaknya pun sudah mengetahui alasan ‘meroketnya’ harga Bawang Putih di pasaran.

“Salah satunya karena importir ada yang menimbun. Ini akan diproses Satgas Pangan Jabar dan mudah mudahan dengan ditemukannya penimbunan segera digelontorkan ke distributor di Kota Bandung dan harga bawang putih bisa stabil di Rp32 ribu per kilogram,” tegasnya.

(Yusuf Mugni/ars)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.