FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Babeh Ridwan Saidi  Siap Datang ke Ciamis Asal Diongkosin, Galuh Brutal itu Bahasa Armenia 

Galuh Brutal

0 190

CIAMIS, FOKUSjabar.co.id: Tokoh dan budayawan Betawi Ridwan Saidi akhirnya menjawab tantangan budayawan dan tokoh Tatar Galuh untuk datang ke Ciamis. Dia akan datang ke Ciamis kalau diongkosi bupati.

“Siap datang ke Ciamis cuma masalahnya, siapa yang sponsori? Masa saya ongkos-ongkos sendiri, di sana kan ada bupatinya. Dia harusnya kan berkepentingan, masa saya yang ngucruk-ngucruk pergi ke sana?,” kata dia mengutip harapanrakyat.com

Mengenai pernyataanya yang heboh di salah satu kanal youtube, Babeh tidak akan meralatnya karenya meyakini pernyataan bahwa tak ada kerjaaan Galuh itu benara. Alasannya bukti-bukti bahwa Kerajaan Galuh Sunda itu ada kurang meyakinkan. “ Indikasi kerajaan itu adalah secara ekonomi, apa ada tidak di situ?” katanya.

Lebih lanjut Babe Saidi yang selalu jadi bintang di ILC ini menanyakan apakah di Ciamis ada tambang emas yang bisa jadi salah satu indikasi adanya kerajaan. Selain tambang emas, Saidi juga menanyakan adanya pelabuhan niaga di Ciamis yang bisa menunjang ekonomi sebuah kerajaan.

“Yang menunjang ekonomi kerajaan itu emas, setahu saya kerajaan yang mempunyai tambang emas itu kerajaan Sunda, Pakuan, dan kerajaan Sumedang, di situ (Ciamis) nggak ada,” katanya.

Saidi juga mempertanyakan keberadaan pelabuhan komersil yang bisa menunjang ekonomi kerajaan. Menurutnya indikator ekonomi sebuah kerajaan di Ciamis itu tidak ada.

“Apakah di situ ada pelabuhan komersial? Kan nggak ada dua-duanya di situ. Jika tidak ada perekonomian bagaimana caranya menghidupi kerajaan?” ungkapnya.

Lantas mengenai pernyataan Galuh itu brutal merujuk kepada bahasa Armenia “Bukti-buktinya itu tidak meyakinkan, perkataan Galuh itu dari Bahasa Armenia, artinya itu negatif ya gak usah disebutkan lah, sementara Sunda itu juga Bahasa Armenia itu artinya cemerlang, apa ada nama kerajaan konotasinya negatif?”

(husen maharaja/dar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.