FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Tak Terdaftar di Kota Bandung, Sunda Empire Justru Diakui Pemkab Subang

0 72

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Masyarakat Kota Bandung Inci Dermaga mengatakan, kelompok Sunda Empire – Earthe Empire tidak terdaftar dalam pendirian organisasi di Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung.

“Perlu di garis bawahi, secara administrasi, organisasi tersebut (Sunda Empire) tidak ada di kota Bandung, di Kesbangpol tidak tercatat karena dari sisi prosedural juga tidak mereka daftakan ke kami,” ujar Inci di Balai Kota Bandung, Sabtu (18/1/2020).

Ia mengatakan, kelompok Sunda Empire pernah melakukan kegiatan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kota Bandung pada 2017 dan 2018 lalu.

“Pertama, kita sepakat jika dari sisi administrasi tidak ada di Kota Bandung dan kedua, kami lakukan komunikasi dengan jajaran Komimda bahwa kegiatan mereka ini dilakukan beberapa tahun ke belakang dari 2017 dan 2018. Baru muncul saat ini ketika viral pertama di Facebook,” jelasnya.

Menurutnya, pihak kepolisian dan instansi terkait pernah menegur organisasi Sunda Empire lantaran menggunakan atribut di lingkungan kampus.

“Kegiatan mereka telah di awasi dan ditindak oleh instansi yang berwenang, misalkan penelusuran atau penyelidikan seragam,” katanya.

Selain itu, Inci mengaku telah mendapatkan kabar jika organisasi Sunda Empire terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Subang dan keberadaan perkumpulan Sunda Empire diakui pemkab Subang dengan nomor 225-32- 12/18/IV 2015.

Pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Kesbangpol Kabupaten Subang untuk memastikan kebenaran dan asal para anggota organisasi tersebut. Pasalnya, mereka melakukan aktivitas di Kota Bandung.

“Itu informasi yang kami dapat, jadi kami belum mendapatkan konfirmasi lebih lanjut. Kami juga sudah lakukan melalui komunikasi dan belum dapat jawaban karena mereka masih mengecek,” pungkasnya.

 

(Yusuf Mugni/ars)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.