FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
Banner BJB Mobile

Emil Angkat Bicara Terkait Wyataguna, Mahasiswa Sempat Difasilitasi

0 11

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) angkat bicara terkait polemik peralihan status panti menjadi Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyataguna.

Dikatakan Emil, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebagai penengah antara mahasiswa dan juga pemerintah pusat. Bahkan kata dia, Pemprov Jawa Barat telah menyediakan tempat bagi 32 mahasiswa dengan beragam fasilitas di Panti Disabilitas milik Dinas Sosial Jawa Barat.

Emil mengatakan, ada tempat pengganti dari yang sebelumnya di Cibabat, kemudian untuk transportasi pihaknya bisa memfasilitasi melalui Dinas Perhubungan.

Akan tetapi dari pihaknya menolak ingin menegosiasikan ini langsung dengan Kementerian Sosial.

” Jadi komunikasi terus dilakukan. Termasuk Pak menteri juga nelpon. Ya nanti kita lihat. Karena posisi utamanya kami tidak bisa mengambil keputusan,” kata Emil saat ditemui di Pasar Cihapit, Kota Bandung, Kamis (16/1/2020).

Sebelumnya, Emil sempat melayangkan surat agar Wyataguna bisa dikelola oleh Pemprov Jabar. Namun, permintaan itu ditolak. Namun Kementerian Sosial keukeuh ingin mengubah status dari panti menjadi balai.

Emil menuturkan, alasan dari menteri yang mengantre ingin sekolah, mau memanfaatkan itu banyak, tempat terbatas.

” Karena perubahan panti ke balai ini mengakibatkan balai ini tidak ada yang namanya permanen, semuanya sifatnya menjadi pendidikan pelatihan sebulan sampai enam bulan. Kalau di Cibabat bisa selamanya kalau mau bentuknya kan panti,” tuturnya.

(AS)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.