FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
728-x-90-02 mobile

PDIP Targetkan 60 Persen Kemenangan di Pilkada 2020, Solo dan Medan Salah Satunya

0 3

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) memfokuskan kemenangan pada gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di beberapa daerah. Diantaranya pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) di Solo serta Medan.

Dialnsir dari TEMPO.CO, PDIP menargetkan 60 persen kemenangan dalam Pilkada serentak 2020 berdasarkan hasil rekomendasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP yang digelar di, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (12/1/2020). Daerah yang diharapkan kemenangannya yakni Solo dimana putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai calon dari PDIP serta di Medan dimana menantu laki-laki Jokowi, Bobby Nasution pun maju sebagai calon.

“Ada beberapa daerah yang difokuskan untuk menang (di Pilkada 2020). Daerahnya sudah ada, nanti kami sampaikan lebih detail. Termasuk Solo, termasuk Medan,” tutur Sekretaris Jenderal (Sekjend) PDIP Hasto Kristiyanto usai rakernas, Minggu (12/1/2020) malam.

Gibran Rakabuming Raka pun masih berupaya mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo pada pilkada 2020 melalui jalud DPD PDIP Jawa Tengah. Pasalnya, jajaran PDIP Solo sudah memiliki calon lain yakni kader PDIP, Achmad Purnomo yang kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo.

Sedangkan Bobby Nasution akan maju di Pilwalkot Medan, Sumatera Utara dengan dukungan PDIP dan Partai Golkar.

Namun hingga saat ini, PDIP masih belum mengumumkan kepala-kepala daerah yang akan direkomendasikan, termasuk untuk Solo dan Medan. Menurut Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan partainya membuka diri untuk anak muda.

“Ibu (Megawati) dalam pengarahannya juga menegaskan, partai membuka diri terhadap anak muda Indonesia untuk bersama dengan partai,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat seperti dilansir CNN Indonesia. Djarot mengaku pihaknya belum bisa memutuskan untuk memilih kandidat untuk maju di Pilwalkot Solo dan Pilwalkot Medan.

“Masih dinamika, belum. Biarin mereka berjalan. Solo, Medan itu masih penuh dengan dinamika,” kata Djarot.

Sebelumnya, PDIP menyebut akan mengumumkan 44 calon kepala daerah dari 270 daerah yang menggelar Pilkada serentak pada 23 September 2020 mendatang. Pengumuman tersebut rencananya akan dilakukan di awal Januari 2020 dengan memperhatikan dinamika politik di setiap daerah.

(ars)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.