FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Mantan Sekda Jabar Didakwa Kasus Suap Meikarta Rp900 Juta

0 11

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa didakwa dalam kasus suap izin proyek Meikarta senilai Rp900 juta. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan suap tersebut dilakukam terdakwa untuk memenuhi kebutuhannya dalam keikutsertaannya pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK Yadyn mengatakan, suap itu berawal pada fase Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) pada 2017 yang diberikan oleh Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi PDIP Waras Wasisto secara bertahap.

“Dana itu terkait Raperda RDTR, pertama Rp100 juta, kemudian Rp300 dan Rp500 juta untuk kepentingan pembuatan banner spanduk dalam rangka persiapan Pilgub Jabar 2018,” kata Yadyn di Pengadilan Negeri Klas 1A Khusus Bandung jalan LLRE Martadinata Kota Bandung, Senin (13/1/2020).

Penyerahan itu bermula saat Sekdis PUPR Henri Lincoln, Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi, anggota DPRD Kabupaten Bekasi Soleman dan anggota DPRD Jabar Waras Wasisto di Rest Area KM 38 arah Cikampek pada Juli 2017. Ke empat orang itu membahas langkah penyelesaian Raperda RDTR di tingkat Pemprov Jabar.

Setelah itu Waras menghubungi Iwa Karniwa dan meminta bantuan untuk menyelesaikan RDTR dan waktu untuk bertemu. Setelah pertemuan, terdakwa Iwa Karniwa menyuruh Waras untuk menyampaikan kepada Henri dan Neneng agar menyediakan uang Rp1 milyar. Namun dalam permintaan itu, Waras hanya memberikan Rp900 juta secara bertahap.

“Untuk dua kali penyerahan, Rp100 maupun Rp300 juta itu untuk pembelian banner spanduk dan dipasang di lima kabupaten kota. Kemudian yang Rp500 juta itu diberikan cash langsung kepada terdakwa,” kata dia.

Atas perbuatannya, Iwa Karniwa didakwa pasal 12 huruf a Undang-undang RI nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 64 ayat 1 KUHP dan pasal 11 UU no 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 64 ayat 1 KUHP.

(LIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.