FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
728-x-90-02 mobile

Manggis Wanayasa Tembus Pasar Internasional, Ini Kata Bupati Purwakarta

0 0

PURWAKARTA, FOKUSJabar.co.id: Kabupaten Purwakarta Jawa Barat ternyata memiliki komoditas perkebunan buah yang tembus pasar Internasional. Produk perkebenunan ini merambah ke sejumlah negara Asia terutama Cina.

Buah manggis. Buah berjuluk ratu buah tropis ini terdapat banyak di Perkebunan di daerah Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Manggis Wanayasa ternyata banyak diminati di di pasar Asia.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan Mamggis Wanayasa khas perkebunan rakyat Purwakarta ini sudah merambah ekspor sejak keran ekspor dibuka oleh Pemerintah Pusat pada tahun 2017.

“Ini menjadi angin segar bagi petani perkebunan rakyat, kita punya komoditi unggalan,” kata Anne seperti dikutip Purwakartakab.go.id.

Bupati berjanji akan terus mensuport agar produktivitas manggis terus meningkat di Purwakarta.

Beberapa progam juga digulirkan, seperti bimbingan Standar Opersional Prosedur dan Good Agricultural Practice, kepada para petani rakyat di Purwakarta.

Setiap tiba masa panen Purwakarta bisa menghasilkan manggis 47 ton perhektare. sementara lahan perkebunan buah manggis mencapai 1500 hektare. Meski terkenal dengan sebutan manggis Wanayasa, namun ada beberapa kecamatan lain yang menjadi central manggis di Purwakarta, yakni Kecamatan Kiarapedes, Bojong, dan Darangdan.

Setiap tahun Purwakarta baru mampu mengekspor 30 ribu ton saja. “Tapi kami targetkan panen tahun depan bisa tembus di 50 ribu ton,” kata Anne.

Disebut manggis Wanayasa karena varietas Wanayasa sudah terdaftar di Kementrian Pertanian. (Deni)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.