FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
728-x-90-02 mobile

Pengamen Ciamis Gelar Tes HIV/AIDS di Terminal

0 5

CIAMIS, FOKUSJabar.co.id: Komunitas Pengamen Jalanan (KPJ) melaksanakan tes kesehatan dan tes HIV/Aids untuk warga terminal Ciamis. Kegiatan tersebut dilakukan di halaman parkir kantor unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Terminal Ciamis, Kamis (5/12/2019).

“Ini dalam rangka peringatan Hari AIDS se dunia yang jatuh pada 1 Desember 2019. Kami bekerjasama dengan Dinkes Ciamis,” kata pegiat HIV/AIDS Ciamis Denny WJ. 

Para pengamen, sopir dan warga sekitar terminal antusias mengikuti kegiatan yang diinisiasi para pengamen Ciamis itu. Ide KPJ menggelar tes HIV/AIDS, kata dia, sangat membantu para pedagang, sopir dan semua orang yang beraktivitas di terminal untuk mengecek kesehatan. 

“Kalau datang langsung ke pusat pelayanan kesehatan, mereka enggan, bahkan malas. Dengan adanya acara ini, mereka sangat terbantu,” kata dia. 

Selain cek kesehatan dan tes HIV/AIDS gratis, KPJ pun menggelar Edutainment Event. Mereka bekerjasama dengan Dinkes Kabupaten Ciamis untuk memberikan materi tentang HIV/AIDS dan pencegahannya. 

Denny mengatakan bahwa saat ini, pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis sejak 2001 hingga 2019 ada sekitar 493 orang, dan sudah meninggal dunia sebanyak 12 orang. 

“Dari data Dinkes Kabupaten Ciamis, yang terdeteksi ODHA tahun ini sebanyak 77 orang, sebagian besar penderita adalah usia produktif,” kata Denny.

(Ibenk/LIN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.