FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Tahun 2020, Pemkot Bandung Bakal Bangun 4 Puskesmas

0 1

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana membangun empat puskesmas pada 2020 mendatang. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Yorisa Sativa menyatakan, saat ini terdapat 80 puskesmas yang tersebar di 30 Kecamatan. Penambahan empat puskesmas baru dinilai cukup ideal melayani 2,5 juta warga Kota Bandung.

“Setelah mengkaji dan menghitung, dengan jumlah 84 puskesmas bisa mewakili atau cukup melayani masyarakat Kota Bandung,” kata Yosira di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya, perhitungan ideal, satu puskesmas bisa mencakup 30.000 penduduk. Berdasarkan kajian, empat puskesmas baru mampu mewakili penduduk yang masih kekurangan pelayanan.

Pertimbangan lokasi puskesmas baru ini akan dilihat dari keberadaan puskesmas yang ada dengan jumlah pengunjungnya. Sehingga puskesmas baru bisa menjadi alternatif agar tidak terjadi penumpukan pasien sekaligus mempercepat pelayanan.

“Misalkan ada satu puskesmas terlalu gemuk maka kita wakili dengan puskesmas itu. Jadi 30.000 penduduk bisa terwakili oleh satu puskesmas. Saat ini kita sedang memetakan agar seluruh puskesmas bisa mendapatkan sasaran pasien secara merata,” bebernya.

Dinkes Kota Bandung pun tengah berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan dengan mendongkrak 21 puskesmas yang masih terakreditasi kategori puskesmas dasar. “Kita upayakan di tahun 2020 tidak ada lagi puskesmas berlevel dasar dan madya. Minimal itu harus utama dan lebih baik lagi paripurna,” ujarnya.

(Yusuf Mugni/ars)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.