FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Bandung Punya Tiga Puskesmas Kategori Paripurna

0 49

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id : Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Yorisa Sativa menuturkan, Kota Bandung sudah memiliki tiga puskesmas dengan kategori paripurna.

Akreditasi puskesmas paling tinggi tersebut mengacu pada penilaian pelayanan, fasilitas fisik, serta sarana dan prasarana yang dimiliki sudah sesuai dengan standarisasi nasional.

“Di Indonesia, ada hampir 10 ribu puskesmas dan yang terakreditasi paripurna sekitar 72 puskesmas. Kita bersyukur dari seluruh Indonesia itu, tiga diantaranya di Kota Bandung. Yakni Puskesmas Kopo, Sukarasa dan Puskesmas Cijagra lama,” kata Yosira di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (12/11/2019).

Yorisa mengatakan, puskesmas di Kota Bandung kini memiliki kualitas jauh lebih baik. Masyarakat pun diimbau untuk memanfaatkan fasilitas puskesmas. Pasalnya, setiap puskesmas menerapkan standarisasi pelayanan yang tinggi.

“Kami dari Dinkes Kota Bandung menyatakan, puskesmas di Kota Bandung pada jaman sekarang beda dengan jaman dahulu. Obat harus berkualitas, bangunan harus bagus dan nyaman. Petugas harus senyum mulai dari pintu masuk sampai dengan keluar dan dapat obat. Bayar murah dan sembuh,” pungkasnya.

(Yusuf Mugni/ars)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.