FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
728-x-90-02 mobile

Masjid Apung Ancol Ikon Terbaru Kota Jakarta

0 3

JAKARTA, FOKUSJabar.co.id: Masjid Apung Ancol, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) akan membangun masjid yang menjadi ikon terbaru Kota Jakarta. Masjid itu akan dibangun mengapung di atas laut, desain tanpa kubah dan didukung dengan teknologi terkini ramah lingkungan.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Teuku Sahir Syahali mengatakan proyek pembangunan Masjid Apung Ancol, Jakarta Utara menghabiskan dana sekitar Rp50 miliar.

Ia mengatakan, selain desain modern tanpa kubah sebagaimana umumnya masjid, Masjid Apung akan dilengkapi dengan teknologi terkini.

BACA JUGA : Pemkot Bandung Lakukan Simulasi New Normal di Tiga Mal

Terkait dengan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) dalam pembangunan Masjid Apung tersebut, ia memastikan bahwa proses pembuangan limbah yang tidak terbuang akan langsung ke laut. Sedangkan untuk limbah jenis lainnya, akan didaur ulang.

Adapun bahan bangunan dari Masjid Apung akan menggunakan material ‘stainless steel’ dan kayu. Tujuannya, agar bangunan sejuk, serta terdapat beberapa sekat keluar-masuk angin.

“Kita nanti enggak ada AC, kita lewatkan angin ke atas sebagai efisiensi dari energi listrik,” kata Teuku.

Ia mengatakan produksi air sebagian akan menggunakan SWRO (Sea Water Reverse Osmosis) yang dapat memproses air laut menjadi air tawar untuk keperluan masjid.

Proses pembangunan Masjid Apung Ancol direncanakan memakan waktu satu tahun mulai dari pelaksanaan pemancangannya. Nantinya, area masjid dengan luas 2.000 meter persegi mampu menampung hingga 2.500 umat.

Bangunannya sendiri akan berbentuk segi lima yang mencerminkan rukun Islam serta jumlah waktu shalat wajib dalam satu hari. Tinggi masjid mencapai 25 meter yang melambangkan 25 nabi yang dikisahkan dalam Al Qur’an.

Pada sisi luar masjid akan terdapat enam minaret (menara) yang melambangkan dasar rukun iman.

(Vetra)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.