FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Gembel Langen, Sebarkan Virus Ini di Wilayah Jabar-Jateng

0 1

BANJAR, FOKUSJabar.co.id: Berawal dari keresahan kaum milenial akan rendahnya minat baca masyarakat. Mereka berhimpun dan membuat gembel-gembel di sekitar Alun-alun Langensari, Kota Banjar.

“Gembel akronim dari Gerakan Masyarakat Belajar yang terdiri dari pelajar, mahasiswa di Langensari,” ucap pegiat Gembel Langit, Rima Fitria Rahmat, Senin (4/11/2019).

Dia menyampaikan kondisi masyarakat harus melek literasi. Karena dipandang dari percepatan teknologi informasi saat ini, mampu merubah gaya hidup masyarakat pada umumnya. Budaya baca semakin menurun. Maka sangat penting bagi kaum Milenial harus menjadi pelopor berkembangnya budaya literasi.

” Kita punya satu visi yang sama yakni ingin menumbuhkan minat baca khususnya masyarakat Langensari dan sekitarnya,” imbuhnya.

Menurut Rima komunitas ini sudah melakukan rutinitas literasi hampir setahun lebih. Kegiatannya pun selain menyediakan fasilitas buku untuk masyarakat, mereka juga menyediakan fasilitas untuk mewarnai.

” Sebagai daya tarik bagi anak-anak maka kami menyediakan ruang untuk mewarnai. Ini adalah strategi kita sebelum mereka nanti diajarkan membaca,” kata dia.

Kedepan lanjut Rima, Gembel ini akan menyebarkan virus literasi pada semua masyarakat kedua wilayah provinsi yakni Jabar dan Jateng.

” Ya, karena Langensari adalah daerah perbatasan dua provinsi Jabar dan Jateng maka kami memiliki keinginan kuat untuk menyebarkan virus literasi pada masyarakat kedua provinsi tersebut,” pungkasnya.

(Boip/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.