FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
728-x-90-02 mobile

KONI Siapkan Program Desa Bugar untuk Dukung Visi Jabar Juara Lahir Bathin

0 4

SUBANG, FOKUSJabar.co.id : Kabupaten Subang menjadi pilot projek program desa bugar yang digagas KONI Jawa Barat. Konsep ini bertujuan untuk menjadikan masyarakat sehat dan bugar dengan bergerak dan berolahraga.

Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin menuturkan, konsep desa bugar dibuat untuk mendorong masyarakat lebih banyak bergerak dan berolahraga. Dengan demikian, masyarakat pun akan lebih sehat yang akan berimbas pada pikiran dan perilaku yang sehat serta cara pandang yang positif.

“Program ini untuk mendukung visi Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil) untuk menciptakan masyarakat Jabar juara lahir dan bathin. Kalau secara fisik sudah bugar, lalu bathinnya juga sehat maka misi Pemprov Jabar itu akan bathin bisa terwujud,” ujar Ahmad saat ditemui di sela-sela Launching Desa Digital : Jalan Menuju Subang Jawara di kantor Permata Galuh, Jalan Emo Kurniaatmadja, Ciheuleut, Subang, Senin (7/10/2019).

Ahmad menegaskan, olahraga tidak hanya mampu menyehatkan masyarakat. Namun lebih luas lagi, olahraga pun mampu ikut mendorong terciptanya sumber daya manusia (SDM) juara lahir bathin.

“Untuk mengukur masyarakat itu berolahraga atau tidak, itu bisa dilihat bagaimana mereka bergerak setiap hari. Karena pada dasarnya, bergerak itu adalah berolahraga. Seperti pelajar yang berjalan kaki ke sekolah atau petani yang berjalan kaki ke sawahnya,” terangnya.

Melalui program desa bugar tersebut, pihak KONI Jabar akan mendorong masyarakat berolahraga dengan penyiapan sarana prasarana olahraga. Seperti lapangan bola voli, lapangan sepak bola, hingga sarana tenis meja.

“Dengan demikian, minat masyarakat berolahraga yang dimulai dari desa akan terus tumbuh dan klub-klub olahraga pun mulai hadir di pedesaan,” tambahnya.

Pemilihan Kabupaten Subang sebagai pilot projek program desa bugar, diakui Ahmad, karena Kota Nanas ini akan menjadi salah satu tuan rumah pelaksana Porda XIV Jabar tahun 2022 mendatang. Selain itu, dengan keberadaan desa digital di Kabupaten Subang, bisa sekaligus menginformasikan serta mensosialisasikan pelaksanaan Porda XIV Jabar tahun 2022 di Kabupaten Subang.

“Rencana kedepan, kita akan gelar juga di wilayah lain seperti Kota Tasikmalata dan Kabupaten Bandung Barat yang juga bertindak sebagai tuan rumah Porda XIV Jabar. Sekaligus melihat persiapan yang sudah dilakukan setiap wilayah tersebut sebagai tuan rumah pelaksana multieven olahraga empat tahunan di Jabar,” tegasnya.

(ageng)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.