FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
728-x-90-02 mobile

11 Atlet Panjat Tebing Jabar Dipastikan Tampil di PON XX/2020 – Papua

0 12

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Tim Panjat Tebing Jawa Barat berhasil meloloskan 11 orang atlet dari total 17 atlet yang dikirim ke babak kualifikasi PON XX di Surabaya, Jawa Timur, 27 September-1 Oktober 2019.

Pada babak kualifikasi PON XX Cabang Olahraga (Cabor) Panjat Tebing, Jabar berhasil meraih 2 medali emas, 4 medali perak dan 1 medali perunggu dari total total 14 nomor yang dipertandingkan di kategori lead, boulder, speed, dan combine.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jabar, Insan Budiman mengatakan, hasil yang dicapai para atlet pada babak kualifikasi sudah sangat luar biasa. Pasalnya, Jabar tergabung di grup neraka yang dihuni daerah-daerah kuat di olahraga panjat tebing seperti DKI Jakarta, Jatim, Jateng, Bali, dan DI Yogyakarta.

” Dengan meloloskan 11 atlet dari 17 atlet yang kita kirim di babak kualifikasi PON XX kemarin, ini hasil yang sangat luar biasa. Ini karena kita bisa menempati posisi kedua di zona II yang merupakan zona neraka,” ujar Insan saat ditemui di gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung.

Insan menambahkan, dua medali emas yang berhasil diraih Jabar disumbangkan dari nomor combined perorangan putri atas nama Salsabila dan lead tim putri atas nama Salsabila, Widia Fujiyanti, dan Mara’tus Sholeha.

Sedangkan 4 medali perak dari nomor lead tim putra (Bim Sigrid, Muhammad Rizal, Dimas Wahyu), Boulder tim putri (Widia Fujiyanti, Betti Nawafatus, Salsabila, Aura), Boulder Perorangan Putra (Bim Sigrid), dan speed world record relay putra (Alpian Zuri, Renaldo, Raharjati). Sedangkan satu medali perunggu disumbangkan Widia Fujiyanti di nomor lead perorangan putra.

” Kami menempati peringkat dua dibawah Jatim yang tampil luar biasa dengan raihan 10 medali emas, 2 medali perak, dan 4 medali perunggu. Jatim memang sudah bersiap sejak tahun 2018, sedangkan kami baru fokus latihan di Mei 2019. Jadi Alhamdulillah, 2 medali emas yang kita capai sudah sesuai dengan target KONI Jabar meski saya berharap bisa meraih 4 emas,” tuturnya.

Dengan hasil yang diraih, Insan mengaku sangat bangga dan berterimakasih pada perjuangan atlet, seluruh ofisial tim, KONI Jabar, hingga pihak Pemprov Jabar. Dengan hasil yang diraih, pihaknya berharap ada perhatian lanjutan dari KONI Jabar maupun Pemprov Jabar dalam mendukung pelaksanaan sentralisasi pelatda PON XX – Jabar.

” Mudah-mudahan dari hasil babak kualifikasi PON XX yang sudah diikuti beberapa cabang olahraga, termasuk panjat tebing, Pak Gubernur (Ridwan Kamil) bisa lebih perhatian dan cepat memberikan suport untuk kelanjutan persiapan menuju PON XX. Salah satunya dalam menjalani pelatda PON XX,” pungkasnya.

(ageng/bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.