FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Ngabumi Jadi Agenda Tahunan, Ini Kata Wawalkot Bajar

0 8

BANJAR, FOKUSJabar.co.id: Melestarikan bu­daya tradisional sekaligus memperingati  Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, pelestari budaya di Kota Banjar gelar tradisi Ngabumi (Hajat Bumi) di Lingkungan Pataruman, RT01/13, Kelurahan/Kecamatan Pataruman, Selasa (17/9/2019) kemarin.

Menurut pelaksana kegiatan, Astudi (Mbah Jabar), Ngabumi sudah menjadi tradisi/agenda tahunan warga di Lingkungan Pataruman.

” Kegiatan Hajat Bumi 2019 sudah menginjak tahun ke-8,” ungkap Mbah Jabar, Rabu (18/9/2019).

Tujuan Ngabumi, menyambut Bulan Muharram dan menyukuri nikmat yang telah diberikan  Allah SWT.

Astudi menerangkan, acara Ngabumi diisi dengan kegiatan kirab gunungan hasil bumi, pembacaan tawasul/do’a tahlil untuk para karuhun, santunan kepada anak yatim dan panti jompo serta membagikan nasi tumpeng kepada warga yang hadir. Termasuk berebut air dan makanan yang sudah dibacakan doa.

Wakil Wali Kota (Wawalkot) Banjar, Nana Suryana mengapresiasi kegiatan Ngabumi warga Lingkungan Pataruman.

” Mudah-mudahan kegiatan ini ke depan bisa terus dilaksanakan lebih meriah dan dijadikan sebagai agenda tahunan untuk wahana edukasi pariwisata budaya serta tradisi di Kota Banjar,” harap dia.

Selain itu, melalui Ngabumi tali silaturahmi warga semakin erat sekaligus meningkatkan tasyakur bini’mah atas semua nikmat dan karunia Allah SWT.

Kegiatan Ngabumi diakhiri dengan penanaman Pohon Tarum, sebagai simbol kejayaan dan kemakmuran warga Lingkungan Pataruman.

(Zaki/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.