FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Mang Oded: Olahraga Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Manusia

0 1
BANDUNG, FOKUSJabar.co.id:  Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyebut peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXVI Tahun 2019 menjadi momentum tepat untuk mengingatkan betapa penting pembangunan budaya olahraga di masyarakat. Baik olahraga masyarakat maupun olahraga prestasi.
“Olahraga itu menyehatkan jasmani juga menjadi sarana pembentukan karakter manusia. Olahraga secara tidak langsung menumbuhkan karater disiplin, jujur, konsisten, kompetitif, dan saling menghargai. Sikap ini yang diperlukan untuk mewujudkan Bandung Unggul Sejahtera dan Agamis,” ujar Mang Oded (sapaan Wali Kota Bandung) pada saat upacara peringatan Haornas ke-36 tahun 2019 tingkat Kota Bandung di plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Selasa (10/9/2019).
Dalam pembentukan karakter masyarakat, lanjutnya, Presiden Jokowi pun mengeluarkan inpres tentang gerakan masyakarat hidup sehat. Bahkan tema yang diangkat yakni #ayoolahraga #dimanakapansaja secara eksplisit mengajak masyarakau untuk berolahraga dan menjadikan olahraga sebagai kebutuhan serta gaya hidup.
“Karena itu, saya pun mengajak warga kota Bandung untuk berolahraga secara masif dan luas. Dengan aktifnya masyarakat berolahraga maka akan tumbuh budaya olahraga yang kuat di kota Bandung,” tegasnya.
Dalam mendukung hal tersebut, Mang Oded mengaku jika Pemkot Bandung telah menyiapkan banyak tempat terbuka untuk masyarakat berolahraga. Bahkan lokasi tersebut pun sudah banyak digunakan masyarakat melakukan berbagai aktivitas olahraga.
“Untuk olahraga prestasi, Pemkot Bandung menyiapkan sarana prasarana dengan bekerjasama dengan KONI Kota Bandung daam upaya meningkatkan prestasi agar bisa bersaing dengan daerah lan. Tidak hanya di tingkat Jabar, tapi juga di nasional bahkan internasional. Untuk itu, kami pun memohon kepada DPRD Kota Bandung untuk menamba alokasi anggaran bagi KONI Kota Bandung,” tegasnya.
Kadispora Kota Bandung, Edi Marwoto pun menyatakan hal senada. Haornas menjadi sebuah peristiwa bersejarah di bidang olahraga yang memberi motivasi dan inspirasi bagi kita semua untuk meningkatkan partisipasi dalam bidang olahraga. Melalui olahraga, setiap warga masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam membangun negara dan bangsa.
“Tema Haornas tahun ini mengandung makna jika olahraga itu mudah. Bisa dilakukan dimana dan kapan saja, tidak harus di tempat tertentu,” ujar Edi.
Bersamaan dengan peringatan Haornas ke-36 tahun 2019, Pemkot Bandung memberikan penghargaan bagi 50 orang insan olahraga berprestasi di kota Bandung. Diantaranya untuk kategori mantan atlet, pembina olahraga berdedikasi, pembina olahraga berprestasi, serta wasit/juri olahraga berprestasi.
“Kita berikan penghargaan diluar kategori atlet berprestasi pada tahun ini, karena atlet sudah sering mendapatkan apresiasi penghargaan. Baik pasca multieven Asian Games, SEA Games, PON, dan terakhir pasca Porda XIII Jabar. Semoga uang penghargaan bisa jadi motivasi insan untuk meningkatkan prestasi kedepan,” pungkas Ketua KONI Kota Bandung, Nuryadi.
(ageng)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.