FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Gubernur Luncurkan Desa Digital, Kabid TTG DPMD: Belum ada Informasi Desa di Garut Terima Bantuan Program Itu

0 0

GARUT, FOKUSJabar.co.id: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) meluncurkan program Patriot Desa Digital. Program tersebut digagas untuk membentuk komunitas berliterasi digital untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan kualitas warga desa.

Berdasarkan data yang terhimpun FOKUSJabar.co.id, Emil bertekad untuk mewujudkan pembangunan dan pengembangan desa digital di Indonesia. Pembangunan tersebut akan dibagi menjadi tiga zona dari 500 desa yang akan mendapatkan bantuan infrastruktur digital.

Tak hanya itu, sekitar 53 ribu Ketua Rukun Warga (RW) yang tersebar di 27 Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat mendapatkan telpon seluler (ponsel) pintar atau smartphone.

Hal itu untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi dengan Pemprov Jawa Barat serta mewujudkan program Desa Digital.

Pemberian ponsel pintar tersebut merupakan wujud program Sapa Warga yang digagas Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil berharap, semua pihak dapat berperan aktif dalam menciptakan desa digital. Termasuk memberikan pembinaan mengenai pemanfaatan digital serta bantuan infrastruktur digital.

Kabid Teknologi Tepat Guna (TTG) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut,  Robi’ul Awaludin mengatakan, Desa Digital merupakan  salah satu program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.

Program tersebut sebagai upaya membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas produk digital.

“ Desa Digital merupakan program Pemprov Jabar untuk membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas produk digital,” terang Robi’ul kepada FOKUSJabar.co.id melalui WhatsApp (WA), Jumat (6/9/2019).

Terkait bantuan Desa Digital sambung dia,  belum ada informasi desa di wilayah Kabupaten Garut mendapat bantuan program tersebut.

“ Sejauh yang kami ketahui, bantuan Desa Digital yang melalui DPMD belum ada informasi ada desa di Kabupaten Garut yang mendapat bantuan program tersebut,” singkat dia.

(Andian/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.