FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Mudahkan Transaksi Digital, BI Luncurkan Program QRIS

0 0

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.co.id : Bank Indonesia bekerjasama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (Aspi) meluncurkan sistem pembayaran digital atau mobile banking dengan nama Quick Response Indonesian Standard (QRIS). Program QRIS itu diluncurkan, bersamaan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 74 tahun 2019 secara nasional.

Kepala Tim Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya Achmad P. Subarkah mengatakan, QR Code merupakan sistem pembayaran digital atau non tunai untuk semua jenis transaksi dengan demikian dapat memudahkan setiap orang dalam setiap pembayaran di Merchant Presented Mode (MPM).

“Seperti program pembayaran digital lainnya yang diluncurkan BI seperti GPN, e-money dan sejenisnya, QRIS ini lebih muda dan lebih cepat yang akan menyasar sampai masyarakat kalangan bawah,” kata Subarkah, saat Media Gathering bersama sejumlah awak Media di Kantor Perwakilan BI Tasikmalaya, jalan Sutisna Senjaya Kec.Tawang Kota Tasikmalaya Senin (19/08/19).

Menurut dia  masyarakat yang memiliki ponsel berkamera dengan konektivitas data serta akun pembayaran elektronik dapat melakukan transaksi melalui QRI. “Konsumen dapat menggunakan aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking dengan fitur QR code,”sambungnya.

Ditambahkan, inovasi teknologi digital ekonomi saat ini berkembang cukup pesat sehingga diperlukan pula teknologi pembayaran yang inovatif dan lebih cepat”QR code ini mampu mendorong efisiensi perekonomian, mempercepat keuangan inklusif sekaligus memajukan UMKM, mendorong pertumbuhan ekonomi selain itu QRIS, ini langkah nyata untuk mewujudkan visi sistem pembayaran indonesia 2025,”tutur Subarkah.

Lanjutnya, QRIS sendiri mengusung semangat bersama untuk unggul dalam setiap transaksi keuangan, transaksi ini bersifat universal, gampang, untung dan langsung untuk memperlancar sistem transaksi digital. (seda/DAR)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.