FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

KONI Kota Bandung Siapkan Program Unggulan untuk Raih Juara Umum Porda XIV Jabar

0 0

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bandung bertekad untuk mengembalikan supremasi juara umum Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar setelah pada dua edisi berikutnya gagal. Berbagai program pun disiapkan untuk merebut titel juara umum pada Porda XIV Jabar tahun 2022.

” Salah satu program kita untuk merebut juara umum Porda XIV Jabar tahun 2022 yakni merawat atlet dari berbagai cabang olahraga yang berpotensi meraih medali emas. Atlet potensial calon peraih medali emas, jangan sampai ke luar dari Kota Bandung,” ujar Ketua Umum KONI Kota Bandung, Nuryadi.

Nuryadi mengaku, pihaknya sudah melakukan pengikatan bag atlet potensial peraih medali emas sejak Mei 2019. Yakni dengan pemberian penghargaan dan bonus serta asuransi.

Saat ini, lanjutnya, sekitar 285 atlet Kota Bandung diproyeksikan masuk dalam komposisi tim pelatda PON XX Jabar di 39 cabang olah raga. Selain itu, terdapat sekitar 215 atlet potensial sebagai pelapis atlet utama serta atlet-atlet yang sudah mengikuti puluhan atau bahkan ratusan kejuaraan mulai level kota, provinsi hingga nasional.

” Kalau di total, atlet proyeksi Porda Jabar ini bisa mencapai 1200 orang. Mulai dari yang berprestasi hingga atlet pelapis,” tambahnya.

Hasil pembinaan olahraga prestasi yang dilakukan Kota Bandung, dinilai Nuryadi sudah terbukti dengan kontribusi pada prestasi lokal maupun internasional. Karena itu, dirinya cukup aneh jika Kota Bandung mengalami kegagala di ajanhg multieven sekelas Porda Jabar.

” Program kita untuk menyiapkan atlet di level nasional bahkan internasional. Jadi akan sangat aneh kalau atlet selevel nasional bahkan internasional bisa kalah oleh atlet di level Jabar,” tegasnya.

Untuk itu, Nuryadi berharap ada pembenahan dari sistem yang diterapkan pada multieven Porda Jabar atau multievel lebih tinggi lainnya. Salah satunya dari penetapan cabang olahraga hingga nomor pertandingan.

” Harus ada ketetapan pasti terkait cabang olahraga dan nomor pertandingan, jangan sampai ada penambahan nomor pertandingan yang tiba-tiba ada. Idealnya, untuk Porda XIV Jabar tahun 2022, kepastian cabang olahrttaga hingga nomor pertandingan serta aturan lain sudah ditentukan sehingga daerah bisa mulai fokus dalam pembinaan atlet,” tegasnya.

(ageng/bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.