FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Malaysia Temukan 46 Titik Api di Kalimantan dan Sumatera

0 1

MALAYSIA, FOKUSJabar.co.id: Malaysia menemukan ada sekitar 48 titik api yang terdiri dari dua titik ditemukan di Pahang dan Johor, enam titik di Kalimantan, dan 40 titik panas di Sumatera.

Direktur Jenderal Badan Meteorologi Malaysia (MetMalaysia), Jailan Simon, mengatakan lembaganya akan terus memantau situasi kebakaran hutan yang ada di Indonesia secara nasional.

Jailan juga menuturkan akan memberikan informasi kepada lembaga terkait demi mengantisipasi penegakan hukum dan persiapan manajemen bencana.

“Warga disarankan untuk mengikuti instruksi dari pihak berwenang dan tidak melakukan pembakaran di lahan terbuka, terutama ketika cuaca panas dan kering,” kata Jailan pada Kamis (8/8/2019).

“Kami juga ingin menyarankan semua orang untuk mengikuti pedoman kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementerian kesehatan selama kabut asap berlangsung,” ujar Jailan, seperti dilansir CNN.

Sementara itu, pantauan situs web Indeks Pencemaran udara (API) Kementerian Lingkungan Hidup Malaysia menunjukkan semua stasiun pemantau udara di Malaysia tergolong dalam kategori “sedang”, kecuali satu stasiun.

Dikutip The Star, The Johan Setia, Stasiun Klang, mencatat pencemaran udara di wilayah itu telah memasuki level “tidak sehat”, di mana API berada di atas 105 sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

“Dari hasil pemantauan terakhir masih terlihat kabut asap tipis di wilayah semenanjung dan sebelah barat negara bagian Sarawak, karena ada penambahan titik api di Riau, Sumatera Selatan, dan Kalimantan,” kata Jailan seperti dilansir asiaone.

(Agung)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.