FokusJabar Onlinenya Jawa Barat

Hormati Leluhur, Bupati Ciamis Ziarah ke Makam Bupati Galuh

0 5

CIAMIS, FOKUSJabar.co.id: Jelang Hari Jadi ke-377 Kabupaten Ciamis, 12 Juni 2019, Bupati-Wakil Bupati, Kepala SKPD serta unsur Forkopimda Ciamis ziarah ke Makam Bupati Galuh (sebelum bernama Ciamis).

Ziarah diawali ke makam Bupati Galuh, Raden Adipati Ariya Panji Jaya Negara (1636-1678) yang berada di Dusun Ciwahangan Girang, Desa Imbangara, Kecamatan/Kabupaten Ciamis.

Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan menuju Makam Raden Tumenggung Wiradikusuma (Bupati Galuh 1824-1829) di Dusun Cigadung Desa Imbangara. Lalu menuju Makam Raden Raden Adipati Arya Kusumahdiningrat, Bupati Galuh (1839-1886) di Jambansari Selagangga, Kecamatan Ciamis dan ke Makam Raden Adipati Arya Kusumah Subrata, Bupati Galuh (1886-1915) yang berlokasi di Pemakaman Sukasirna, Kelurahan Ciamis.

Menurut Bupati Ciamis, H Herdiat Sunarya, rangkaian ziarah ke makam-makam Bupati Galuh merupakan bentuk penghormatan kepada leluhur Galuh yang telah menancapkan tonggak sejarah berdirinya Kabupaten Ciamis dari masa lampau hingga masa sekarang.

” Sudah sepantasnya generasi sekarang menghargai dan menghormati jasa-jasa para leluhur kita. Tidak mungkin ada kita saat ini tanpa adanya para leluhur,” katanya, Senin (10/6/2019).

Menurut Herdiat, salah satu tonggak sejarah bagi generasi sekarang yang ditorehkan Raden Adipati Arya Kusumahdiningrat yang dimakamkan di Situs Jambansari.

” Beliau yang meminta pemerintah Hindia Belanda untuk mengalihkan jalur Kereta Api yang semula tidak akan melewati Kabupaten Galuh. Atas dasar usulan tersebut, Pemerintah Hindia Belanda membangun Jembatan Cirahong yang hingga kini masih berfungsi dengan baik,” ungkapnya.

(Husen Maharaja/Bam’s)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.