FokusJabar Onlinenya Jawa Barat
728-x-90-02 mobile

Tim Pelatda PON XX Bola Voli Jabar Resmi Dilaunching Kadispora

0 43

BANDUNG, FOKUSJabar.co.id: Tim bola voli Jawa Barat untuk persiapan PON XX tahun 2020 secara resmi dilaunching oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat, Engkus Sutisna mewakili Gubernur Jabar, M. Ridwan Kamil.

Launcing tim Pelatda PON XX bola voli Jabar digelar di Youth Center, SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Selasa (21/5/2019).

Kepala Dispora Jabar, Engkus Sutisna berharap, tim bola voli Jabar bisa melakukan persiapan lebih matang usai diresmikan sehinhga bisa mempertahankan, bahkan meningkatkan, prestasi yang sebelumnya diraih pada PON XIX tahun 2016 lalu. Tim bola voli Jabar sendiri meraih satu medali emas dan satu medali perunggu.
 
” Bola voli menjadi launching tim pelatda PON XX Jabar yang pertama. Ini menjadi inovasi yang dilakukan PBVSI Jabar dan sesuai dengan visi Gubernur Jabar yakni mewujudkan Jabar Juara Lahir Bathin dengan Inovasi dan Kolaborasi. Pemerintah, PBVSI Jabar, KONI Jabar, jajaran pelatih, serta para atlet mari kita berkolaborasi untuk mempersiapkan tim serta kontingen yang kuat dan berprestasi,” ujar Engkus saat ditemui di sela-sela acara launching, Selasa (21/5/2019).
 
Terkait dukungan anggaran bagi pembinaan olahraga termasuk untuk persiapan Pelatda PON XX Jabar, Engkus mengaku akan segera didistribusikan dalam waktu dekat. Dirinya pun berharap, anggaran tersebut bisa digunakan secara maksimal untuk persiapan cabang olahraga menghadapi pelaksanaan babak kualifikasi PON XX tahun 2020.
 
“Dispora memiliki amanat untuk mewujudkan Jabar juara dan milenial juara. Salah satunya melalui medali emas cabang olahraga bola voli di PON XX, sekaligus mempertahankan gelar juara umum,” tegasnya.
 
Sementara Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Jabar, H. MQ Iswara bertekad untuk mempertahankan medali emas di nomor indoor putri dan mengincar satu medali emas di tiga nomor lainnya. Yakni di nomor indoor putra, pasir putri, dan pasir putra.
 
“Tim bola voli Jabar ini sudah melakukan latihan sejak awal Ramadhan lalu dengan komposisi masih 120 persen. Khususnya di indoor putra, pasir putra, dan pasir putri karena harus melewati babak kualifikasi. Sedangkan tim indoor putri lolos langsung sebagai juara bertahan dan mulai latihan pasca Lebaran,” ujar Iswara.
 
Untuk babak kualifikasi PON XX bola voli indoor, rencananya akan dilangsungkan pada Agustus 2019 di Jakarta. Sedangkan babak kualifikasi PON XX bola voli pasir digelar pada September 2019 di komplek Jakabaring, Palembang.
 
Dengan target minimal dua medali emas, Iswara punya keyakinan bisa direbut dari nomor indoor putri. Pasalnya, komposisi atlet yang menghuni tim pelatda PON XX Jabar sebagian besar merupakan atlet eks PON XIX serta atlet andalan di tim-tim Proliga. Seperti Wilda Siti Nurfadhilah, Tri Retno Mutiara, Legisya Nur Asyiah, Putri Andya, Yasmin Nafisah, dan libero Wahida Mumtaza.

“Sementara untuk indoor putra, beberapa atlet kita pun menjadi andalan di beberapa tim Proliga. Sedangkan untuk pasir, beberapa atlet kita terpanggil pelatnas SEA Games 2019. Jadi kita pun cukup optimistis dengan target dua medali emas di PON XX,” pungkasnya. 
 

(ageng/bam’s)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.